Bensin Sering Kosong, Siap-siap Fuel Pump Jebol

Kompas.com - 23/12/2020, 19:21 WIB
Fuel pump motor gridoto.comFuel pump motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlakuan sederhana bisa mempengaruhi umur komponen sepeda motor. Seperti sering membiarkan tangki bensin kosong bakal membuat fuel pump cepat rusak.

Endro Sutarno, Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, tangki yang sering kosong bisa membuat pompa bahan bakar yang bertugas menyalurkan bensin ke mesin jadi berkarat.

Baca juga: Beli Motor Bekas di Akhir Tahun, Awas Ketipu Akal-akalan Pedagang

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

"Jika motor kehabisan bensin, sedikit-banyak akan mempengaruhi usia fuel pump. Sebab, komponen ini fungsinya menyalurkan bensin ke mesin. Jadi kalau sering bensinnya tidak ada, akan berkarat," kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain berkarat, tangki yang sering kosong membuat tugas pompa bensin bekerja lebih berat. Efeknya, komponen yang bekerja lebih berat akan mempengaruhi usia pakai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bensin juga menjadi pendingin pompa. Jadi ketika bensin sudah tidak ada, kerja komponen tersebut jadi lebih berat dan cepat panas. Sehingga, timbul kerusakan di sana," ujar Endro.

Batas isi bensin motorKompas.com/Fathan Radityasani Batas isi bensin motor

Selain itu, kata Endro. kalau tangki sering kosong maka fuel pump akan mudah menghisap kotoran yang mengendap di dalam tangki.

"Kalau tangki bensin kosong kotoran yang mengendap bisa tersedot fuel pump.  Karena itu bahaya kalau sampai pompa ini menghisap kotoran ini bisa bikin macet," katanya.

Endro mengingatkan, jika sudah waktunya maka sebaiknya langsung isi bensin. Sebab biasanya pengendara motor sering lupa isi bensin bahkan kadang sampai kosong baru mengisi kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.