Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bensin Sering Kosong, Siap-siap Fuel Pump Jebol

Kompas.com - 23/12/2020, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlakuan sederhana bisa mempengaruhi umur komponen sepeda motor. Seperti sering membiarkan tangki bensin kosong bakal membuat fuel pump cepat rusak.

Endro Sutarno, Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, tangki yang sering kosong bisa membuat pompa bahan bakar yang bertugas menyalurkan bensin ke mesin jadi berkarat.

Baca juga: Beli Motor Bekas di Akhir Tahun, Awas Ketipu Akal-akalan Pedagang

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

"Jika motor kehabisan bensin, sedikit-banyak akan mempengaruhi usia fuel pump. Sebab, komponen ini fungsinya menyalurkan bensin ke mesin. Jadi kalau sering bensinnya tidak ada, akan berkarat," kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain berkarat, tangki yang sering kosong membuat tugas pompa bensin bekerja lebih berat. Efeknya, komponen yang bekerja lebih berat akan mempengaruhi usia pakai.

"Bensin juga menjadi pendingin pompa. Jadi ketika bensin sudah tidak ada, kerja komponen tersebut jadi lebih berat dan cepat panas. Sehingga, timbul kerusakan di sana," ujar Endro.

Batas isi bensin motorKompas.com/Fathan Radityasani Batas isi bensin motor

Selain itu, kata Endro. kalau tangki sering kosong maka fuel pump akan mudah menghisap kotoran yang mengendap di dalam tangki.

"Kalau tangki bensin kosong kotoran yang mengendap bisa tersedot fuel pump.  Karena itu bahaya kalau sampai pompa ini menghisap kotoran ini bisa bikin macet," katanya.

Endro mengingatkan, jika sudah waktunya maka sebaiknya langsung isi bensin. Sebab biasanya pengendara motor sering lupa isi bensin bahkan kadang sampai kosong baru mengisi kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com