Tak Hanya Pengendara, Produsen Otomotif Juga Adaptasi Kebiasaan Baru

Kompas.com - 19/12/2020, 15:38 WIB
Diler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan Foto: IstimewaDiler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi pandemi di Indonesia masih belum selesai. Bahkan, beberapa kota mulai terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

Untuk itu, penting bagi semua orang melakukan kebiasaan baru demi memutus rantai penyebaran virus corona. Tak terkecuali dalam hal berkendara.

Baca juga: Yamaha Rilis All New Aerox 155 Versi MotoGP

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan, pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Darat sudah sangat konsen untuk memberikan indikator-indikator ke pada para pengendara sepeda motor sehingga lebih terjamin keselamatan dan kesehatannya.

Diler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan Foto: Istimewa Diler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan

"Salah satu yang sudah kita laksanakan adalah bekerja sama dengan aplikator ojek online, di mana para pengemudinya wajib menggunakan perisai. Sehingga, droplet dari pengemudi tidak sampai ke penumpang," ujar Budi, dalam webinar yang digelar oleh diler Yamaha Sumbermas Motor, Sabtu (19/12/2020).

Budi menambahkan, kebiasaan ini berlaku juga bagi para pengemudi sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari. Penting bagi semuanya untuk menjalankan protokol kesehatan.

Selain turut mengampanyekan kebiasaan baru dalam berkendara, Yamaha juga sudah menerapkan kebiasaan tersebut di pabrik dan jaringan dilernya.

Baca juga: Yamaha Fino Tipe Premium Punya 3 Warna Baru, Terinspirasi Kopi

Sutarya, Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya sudah menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita tidak hanya menggunakan thermal gun, tapi kita juga investasi dengan mengadakan thermal gate. Jadi, karyawan yang suhu badannya di atas normal langsung kelihatan dan tidak diperbolehkan untuk masuk," kata Sutarya.

Diler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan Foto: Istimewa Diler Yamaha Jabodetabek pakai protokol kesehatan

Ramli Irawan, pemilik diler Yamaha Sunbermas Motor, menambahkan, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan baik itu di diler atau petugas yang mengirimkan motor ke rumah konsumen.

"Tidak hanya pengecekan suhu tubuh, tapi kita juga mewajibkan penggunaan masker, hand sanitizer, dan jaga jarak, serta penyemprotan disinfektan," ujar Ramli.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X