Belajar Cara Merawat Motor Balap dari Astra Honda Racing Team

Kompas.com - 13/12/2020, 08:22 WIB
Fadjar Supriyadi (paling kanan) dari AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) PT Tunas Dwipa Matra cabang Saharjo menjadi salah satu mekanik Astra Honda Racing Team (AHRT) di ajang Suzuka 4 Hours 2017. Fadjar merupakan juara satu kategori Service Advisor di The 23rd Honda Indonesia Technical Contest dan juara kedua kategori perorangan di Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2016 yang digelar di Vietnam. Febri Ardani/otomania.comFadjar Supriyadi (paling kanan) dari AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) PT Tunas Dwipa Matra cabang Saharjo menjadi salah satu mekanik Astra Honda Racing Team (AHRT) di ajang Suzuka 4 Hours 2017. Fadjar merupakan juara satu kategori Service Advisor di The 23rd Honda Indonesia Technical Contest dan juara kedua kategori perorangan di Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2016 yang digelar di Vietnam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap sepeda motor perlu dirawat, baik itu motor harian atau motor balap. Apalagi di masa pandemi ini, di mana agenda balap sangat minim sekali, motor balap tetap perlu diperhatikan.

I Made Yoga Widnyana, Chief Mechanic Astra Honda Racing Team (AHRT), mengatakan, pada dasarnya perawatan motor harian dan motor balap sama. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian dari motor.

Baca juga: Di Rumah Aja, Jaga Kondisi Tubuh Ala Pebalap AHRT

Pada saat balap, semua bagian motor dibongkar hingga tersisa rangka, mulai dari main frame, sub-frame, dan komponen terkait, serta wire harness (kabel bodi).

Andi Gilang, salah satu pebalap jebolan AHRT.AHM Andi Gilang, salah satu pebalap jebolan AHRT.

Yoga mengatakan, semua komponen bodi dicek kemudian dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Jika ada komponen yang rusak, sebisa mungkin diperbaiki atau diganti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Alasan membersihkan motor balap, selain menjaga estetika, adalah mencegah kotoran/debris masuk ke bagian vital motor. Misalnya, intake mesin, knalpot, rem depan/belakang, dan lainnya," ujar Yoga, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Tips Jaga Stamina Naik Motor ala Crosser AHRT

Yoga menambahkan, benda asing yang masuk dapat merusak atau mengurangi performa keseluruhan dari motor balap.

"Mesin juga diturunkan dari rangka untuk dilakukan overhaul. Ini meliputi pengecekan mesin, pembersihan, dan juga tune-up agar kondisi mesin sedapat mungkin kembali ke awal dan siap digunakan untuk balap," kata Yoga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.