Kompas.com - 24/11/2020, 15:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur beberapa daerah belakangan ini membuat potensi kecelakaan saat berkendara meningkat. Beragam kemungkinan risiko kecelakaan di jalan raya dapat terjadi saat hujan.

Salah satunya adalah pengemudi akan bertemu dengan kondisi hydroplaning atau aquaplaning. Kondisi ini adalah hilangnya daya cengkeram ban pada aspal yang terjadi pada mobil.

Baca juga: Damri Terapkan Pengelolaan Bus Secara Digital

Dalam kondisi tertentu hydroplaning bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Seperti kejadian yang terjadi di Tol Brebes Km 273. Di mana dalam video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan mobil SUV mengalami hydroplaning saat berkendara di tengah hujan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, hydroplaning tidak dapat dicegah. Bahkan tidak ada cara untuk mengatasi jika seseorang pengemudi sudah mengalami kondisi ini.

Menurutnya, yang dapat dilakukan oleh pengemudi adalah dengan cara mengurangi kecepatan kendaraan ketika melintas di jalan yang ada genangan airnya.

Baca juga: Begini Cara Menyimpan Ban Mobil di Rumah

“Agar tidak mengalami hydroplaning, hindari melibas genangan dengan kecepatan tinggi. Kemudian, sebelum berkendara dalam kondisi hujan atau jalan basah, pemilik mobil sebaiknya perhatikan tekanan udara pada ban,” ujar Zulpata beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Zulpata melanjutkan, dengan kondisi tekanan udara yang pas maka pengendalian kendaraan akan semakin bagus. Selain itu, sistem pengeram juga akan bekerja dengan maksimal.

“Tekanan udara baik dalam kondisi jalan basah atau kering sebaiknya sesuai dengan yang direkomendasikan. Jika ban telapaknya sudah gundul (aus) sebaiknya segera kurangi kecepatan kendaraan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.