Kompas.com - 23/11/2020, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai orang yang gemar melakukan modifikasi seperti mengganti pelek dan ban, biasanya memiliki ban cadangan yang disimpan di rumah. Nantinya jika bosan, pemilik akan mengganti bannya dengan yang ada di rumah.

Bagi orang yang memiliki banyak ban cadangan di rumah, ternyata ada cara sendiri untuk menyimpannya. Jika salah dalam cara penyimpanan ban, bisa-bisa malah rusak ketika ingin digunakan nantinya.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, cara menyimpan yang baik yaitu tidak terkena sinar matahari langsung, hujan, cairan atau udara kimia seperti dekat tempat casan aki, asap genset atau kompresor.

Baca juga: Meluncur di Jawa Barat, Harga All New Honda Scoopy Mulai Rp 20 Jutaan

Rak banZulpata Zainal Rak ban

“Paling baik di suhu kamar. Sebisa mungkin posisikan bannya berdiri, lebih baik lagi jika dipasang dengan peleknya, agar menjaga bentuk ban dan diisi udara yang cukup, sekitar 44 psi,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Minggu (22/11/2020).

Kalau tidak memungkinkan posisi bannya berdiri, boleh ditumpuk tapi jangan terlalu banyak, maksimal 10 ban. Lalu secara teratur bagian bawah dipindah ke atas, agar jarak antara bagian bead tidak sempit atau kempot.

Baca juga: Jangan Injak Rem Terus-menerus di Jalan Menurun, Bahaya!

“Nanti kalau kempot, waktu dipasang ke pelek dan diisi angin, agak susah karena jarak beadnya yang sempit,” kata Zulpata.

Paling bagus lagi jika ada ruang tersendiri yang difungsikan untuk penyimpanan ban. Zulpata mengatakan, perhatikan sirkulasi udaranya. Jadi suhu kamar, tidak terlalu panas dan tidak juga dingin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.