Ban yang Dijualnya Dianggap Mahal, Ini Jawaban Michelin

Kompas.com - 20/11/2020, 16:02 WIB
Michelin Agilis 3 ban baru untuk kendaraan komersial seperti truk ringan. michelinMichelin Agilis 3 ban baru untuk kendaraan komersial seperti truk ringan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah punya banyak produk ban harian untuk sepeda motor atau mobil, namun nama besar Michelin yang identik dengan motorsport memberikan stigma harga produknya lebih mahal dibandingkan dengan merek lain.

Oleh sebab itu, pengguna produknya, baik di segmen motor atau mobil pun masih tertentu dan belum menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat Indonesia.

Menanggapi adanya pandangan tersebut, Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi, tidak menampik bila harga dari produknya tergolong tinggi dibandingkan rivalnya.

Baca juga: Salah Kaprah Modifikasi Ban Mobil

"Memang ban Michelin sering dianggap ban mahal, tapi sebenarnya konsumen juga harus melihat dari sisi value-nya juga tidak hanya dari harga. Kalau price oriented dan value oriented itu dua hal berbeda," kata Rozi dalam webinar Micheling Safe Mobility, Kamis (19/22/2020).

Rozi menjelaskan bila produk yang disajiakan Michlein memang memiliki kualitas yang sangat baik. Hal tersebut karena penerapan teknologinya diadaptasi dari dunia balap setelah ban dipakai sampai batas maksimalnya.

Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Le Mans. Foto: Motorcyclenews Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Le Mans.

Pola pengujian ban tersebut, menurut Rozi berbeda dengan merek ban lain yang justru melakukan hal sebaliknya.

Selain itu, Rozi juga mengklaim bila ban Michelin memiliki masa pakai yang cukup tinggi, bahkan sampai permukaan menipis, performanya tidak mengalamai degradasi yang signifikan.

Baca juga: Tekan Jumlah Kecelakaan, Michelin Gelar Kampanye Keselamatan

"Bisa diibartkan seperti gunung es di laut, komusmen hanya melihat permukaannya saja dari harga, bahwa kelihatannya mahal, padahal di bawah itu ada value yang tidak pernah mereka pikirkan," ucap Rozi.

Ilustrasi spooring dan balancing roda mobilSTANLY RAVEL Ilustrasi spooring dan balancing roda mobil

"Produk kami memberikan safety, comfort, service, handling, jadi memberikan peace of mind, lalu ada garansi 6 tahun, bisa dibandingkan brand ban mana yang memberikan garansi seperti ini," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X