Kenapa Pengguna Moge Suka Geber Gas?

Kompas.com - 20/11/2020, 15:41 WIB
Test ride Honda CMX500 Rebel Otomania/Setyo AdiTest ride Honda CMX500 Rebel
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, suara motor besar ( moge) memang memiliki sensasi tersendiri. Namun di lain sisi, bagi sebagaian masyarakat yang tak biasa mendenggar, justru dianggap bising bahkan cenderung mengganggu.

Nah bagi sebagian pengguna motor besar, aktivitas menggeber gas sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah. Lantas apakah secara teknis hal tersebut memang perlu dilakukan atau memang hanya menjadi sebagian style saja.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatkan, hal tersebut memang sudah menjadi sebuah kebiasaan. Bahkan lumrah dilakukan selama masih ada etikanya.

Baca juga: Lagi Kasus Tabrakan CBR1000RR, Pemilik Moge Perhatikan Hal Ini

"Memang demikian, harus diketahui juga, salah satu faktor orang suka atau beli moge itu karena suaranya, tidak hanya soal performa, larinya secepat apa, dan lain-lain. Hal itu memang seperti sudah menjadi kebiasan," ujar Sonny kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Harley Davidson bergaya Chopper Bobber garapan Geges Garage PekanbaruSuryanation Harley Davidson bergaya Chopper Bobber garapan Geges Garage Pekanbaru

"Sebenarnya hal yang wajar buat pemilik moge, tinggal tergantung prilakunya saja. Contoh lewat perumahan terus geber-geber, atau dekat tempat ibadah sengaja gas-gas motornya, itu kan jelas menggangu. Jadi balik lagi ke masalah individunya," kata dia.

Menurut Sonny, apapupun jenis kendaraannya, hal yang paling penting akan terkait dengan faktor pengendaranya. Karena biar bagaimana pun, yang mengendalikan kendaraan adalah manusiannya sendiri.

Baca juga: Kasus Ayla vs CBR1000RR SP, Pantaskah Moge Supersport Dipakai di Jalan Raya?

Budaya menggeber gas juga tidak hanya untuk moge, beberapa pengguna motor lain juga demikian. Apalagi bila sudah melakukan modifikasi pada sektor knalpotnya.

Test ride Honda CMX500 RebelOtomania/Setyo ADi Test ride Honda CMX500 Rebel

Lantas bagaimana dari segi teknis, apakah benar geber gas motor ada dampaknya. Ketika menanyakan hal ini, Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Honda Astra Motor Center Dewi Sartika, Cawang, mengatakan bila hal tersebut tidak berpengaruh ke sektor performa.

"Hubungan ke sektor performa, apalagi sampai bikin larinya lebih kencang itu sih tidak yah, mungkin lebih karena suka aja dengan suaranya. Masalah geber gas itu lebih ke pemakainnya saja sih," kata Rendra.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X