Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Toyota Perkenalkan Mobil Listrik di Indonesia, Pakai Semua Teknologi

Kompas.com - 18/11/2020, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa akan memperluas pasar elektrifikasi kendaraan bermotor di dalam negeri dengan menghadirkan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) melalui dua cara.

Pertama, pabrikan terbesar asal Jepang tersebut akan menghadirkan kendaraan umum di Nusa Dua, Bali yang kemudian digunakan sebagai studi pasar dan kebutuhan lainnya.

Kemudian untuk pasar retail atau konsumen umum, akan hadir mobil listrik murni di bawah merek Lexus sebagai produsen premium dari Toyota. Namun, pihak TAM belum menyebutkan modelnya.

Sebelum melangkah ke BEV, Toyota Indonesia sebenarnya juga sudah melakukan pengenalan era elektrifikasi di Tanah Air, seperti model hybrid dan PHEV (plug-in hybrid electric vehicle).

Baca juga: Toyota Melangkah Bertahap di Era Elektrifikasi, Mulai dengan Hybrid

Rencana Kendaraan Listrik Toyota di Indonesia oleh Marketing Director TAM Kazunori Minamide, Rabu (18/11/2020).KOMPAS.com/Ruly Rencana Kendaraan Listrik Toyota di Indonesia oleh Marketing Director TAM Kazunori Minamide, Rabu (18/11/2020).

"Melalui dua pendekatan berbeda ini, yaitu menghadirkan EV ekosistem di Bali dan kendaraan ritel melalui brand Lexus, kendaraan listrik dari Toyota bisa dinikmati lebih luas sehingga pemanfaatannya lebih optimal," kata Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi virtual, Rabu (18/11/2020).

"Khusus di Bali, kita berkerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong tourism Indonesia dan juga menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi. Jadi tidak hanya mobilnya saja," tambah dia.

Adapun alasan Toyota untuk menghadirkan Lexus berteknologi murni lebih dahulu kepada masyarakat umum dibanding produk Toyota langsung sendiri, karena mempertimbangkan pasar.

"Berdasarkan studi kami, yang paling siap menyerapnya ialah segmen premium mengingat BEV belum begitu terjangkau (harganya). Mereka sudah memiliki mobil lain, jadi mobil listrik itu untuk kendaraan di akhir pekannya," ujar Anton.

Baca juga: Bertemu Kemenperin, Toyota Pastikan Produksi Mobil Hybrid pada 2022

Ilustrasu Lexus UX 300eresponse.jp Ilustrasu Lexus UX 300e

Jika melihat di pasar global, ada satu produk Lexus yang mungkin cocok untuk pasar Indonesia yaitu UX 300e. Pasalnya, mobil ini baru menjalani debut perdana pada 22 November 2019 lalu dan baru masuk Jepang pada awal tahun depan.

Telah dipasarkan di Eropa dan China, UX 300e diberkali motor listrik model 4KM yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 204 PS dan torsi maksimum 300 Nm.

Melalui baterai berkapasitas 54,3 kWh, dalam keadaan penuh mobil bisa menempuh jarak sejauh 400 kilometer (menurut NEDC).

Pada kesempatan terpisah, Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan, sejak tahun lalu Toyota sudah siap dalam pengembangan investasi produksi lokal kendaraan listrik.

Ini sebagai respon dari kebijakan pemerintah untuk memulai program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Lalu Toyota memulai dengan pengembangan model-model kendaraan hybrid untuk pasar domestik dan ekspor.

"Kenapa kita konsentrasi produksi ke hybrid, karena potensi pasar domestik dan ekspor sesuai dengan segmen market terbesar kita. Sehingga kita bisa menciptakan pasar dan Toyota Indonesia menjadi basis produksi. Lalu dilanjutkan dengan memproduksi kendaraan berteknologi elektrifikasi lainnya seperti BEV dan PHEV," jelas Bob Azam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com