Ingat Pentingnya Menguras Tangki Motor Sport

Kompas.com - 10/11/2020, 16:01 WIB
Tangki motor berkarat Foto: Otomania.gridoto.comTangki motor berkarat

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan motor dengan model tangki besi di depan pengendara atau istilahnya motor sport memang memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding motor skutik atau bebek.

Biasanya kapasitas tangki motor sport di atas 10 liter, sedangkan skutik hanya tiga sampai enam liter saja. Namun tangki bahan bakar model besi ini ternyata membutuhkan perawatan lebih, yaitu dengan cara dikuras.

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, Adih mengatakan, perawatan dengan menguras tangki besi motor ini bisa dilakukan setiap enam bulan sekali.

Baca juga: Kementerian ESDM Tetapkan 3 Tipe Colokan Mobil Listrik di SPKLU

Tangki bahan bakar yang dipadu dari karbon fiber dan besi mentah yang sudah dipoles.KompasOtomotif-donny apriliananda Tangki bahan bakar yang dipadu dari karbon fiber dan besi mentah yang sudah dipoles.

“Menguras tangki untuk membebaskan dari kotoran yang masuk, seperti air atau plat tangki yang keropos,” ucap Adih kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, menguras tangki juga bisa memaksimalkan sirkulasi bahan bakar dan kerja fuel pump. Jika tidak sering dikuras, ada efek yang bisa terjadi pada motor, seperti sirkulasi yang jadi tidak normal.

“Pengaruh kotoran yang ada di fuel pump membuat sirkulasi enggak normal, membuat motor terasa nyendat saat dikendarai,” kata Adih.

Baca juga: Deretan Motor Sport 250 cc Bekas, Rp 15 Juta Bawa Pulang Ninja

Begitu juga yang dikatakan Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta, Gofur. Gofur menjelaskan kalau tangki tidak dikuras dan kotor, malah menyebabkan motor brebet.

“Walaupun ada filter yang menyairing kotoran, kalau dalam waktu yang lama kemudian dialiri bensin yang kotor, kemungkinan bisa menyebabkan injektor kotor juga,” ucap Gofur kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gofur menjelaskan, jika kotoran dan air terhisap oleh injektor, motor menjadi brebet dan sering mati, selain itu juga sulit untuk dihidupkan. Untuk mencegah adanya air pada tangki, bisa dengan menjaga sisa bahan bakar yang ada.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X