Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ubahan Radikal Honda RC213V yang Bikin Makin Kompetitif

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa seri belakangan ini, performa Honda makin kompetitif. Tepatnya, sejak pabrikan asal Jepang tersebut menggelar sesi tes di Misano, Italia.

Berkat sesi tes tersebut, Honda RC213V makin bersaing di barisan depan. Terbukti dari Alex Marquez yang raih dua kali podium dan Takaaki Nakagami raih pole position.

Stefan Bradl, test rider Honda yang juga menggantikan Marc Marquez sementara, mengatakan, Honda melakukan ubahan yang radikal pada RC213V.

"Kami membuat ubahan radikal pada geometri sasis di Aragon. Kami ingin memahami lebih baik ban belakang dan bagaimana menanganinya agar bisa bekerja, termasuk untuk satu lap cepat," ujar Bradl, dikutip dari Speedweek.com.

Bradl menambahkan, Nakagami adalah salah satu yang duluan melakukan ubahan radikal tersebut dan merasa ubahan tersebut bekerja lebih mudah pada sasis 2019.

"Beberapa pekan lalu sudah terlihat bahwa situasi di Honda semakin baik," kata Bradl.

Sedangkan dari sisi teknis, Bradl mengatakan, tidak ada ubahan yang dilakukan. Hanya pada geometri dan set-up lainnya agar ban belakang bekerja dengan baik.

"Anda bisa eksperimen dengan panjang swingarm, mengubah balance, merotasi motor, ada juga kemungkinan pada pivot, ada banyak sekali kemungkinan," ujar Bradl.

Bradl sendiri penasaran bagaimana performa Honda di Valencia nanti. Menurutnya, Sirkuit Valencia akan lebih menguntungkan Yamaha.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/05/182100015/ubahan-radikal-honda-rc213v-yang-bikin-makin-kompetitif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke