Suzuki Targetkan 3 Besar Merek Terlaris, Honda Fokus Market Share

Kompas.com - 20/10/2020, 18:41 WIB
Suzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016 Otomania/Setyo AdiSuzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada 2019, PT Honda Prospect Motor (HPM) menempati urutan ketiga merek otomotif terlaris di Indonesia, di bawah Toyota dan Daihatsu.

Tahun ini target untuk berada di posisi yang sama sepertinya bakal menemui ganjalan, sebab Suzuki sudah berancang-ancang merebut posisi tersebut.

Seperti diketahui, pada tahun lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berada di urutan kelima. Pabrikan asal Jepang ini optimis bisa naik dua peringkat ke posisi tiga pada tahun ini.

Baca juga: Bocoran Harga Daihatsu Rocky, Meluncur Tahun Depan?

Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasionalIstimewa Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasional

“Kami sih positif pada 2020 ini setidaknya bisa ke tiga besar kembali,” ucap Donny Saputra, Marketing Diretor 4W PT SIS, dalam konferensi virtual belum lama ini.

Menanggapi hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan, rencana Suzuki yang memiliki target posisi ketiga sah saja dilakukan.

“Kalau ada tetangga seperti itu bicaranya, tak apa. Target kami paling tidak adalah mempertahankan pangsa pasar 14,4 persen,” ujar Billy, dalam konferensi virtual (19/10/2020).

Baca juga: Jangan Mau Ditipu, Pahami Dulu Proses Coating

Suzuki Carry Pick Up jadi kendaraan niaga paling laris selama pandemiSIS Suzuki Carry Pick Up jadi kendaraan niaga paling laris selama pandemi

Menurut Billy, tren positif yang dialami Suzuki belakangan ini datang dari segmen kendaraan komersial yang terus meningkat. Apalagi separuh penjualan Suzuki memang datang dari pikap Carry.

“Mereka bicara seperti itu karena kendaraan komersial meningkat terus, mungkin itu. Pasarnya kendaraan komersial sudah di atas 30 persen sekarang. Kalau melihat data detail, pada Agustus 30 persen, lalu pada September 33 persen,” katanya.

Melihat data wholesales Gaikindo, penjualan Honda pada Januari-September 2019 meraih 49.688 unit atau turun 48,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara Suzuki pada periode yang sama bisa meraih 44.902 unit atau turun 37,2 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X