Pahami Perbedaan Mesin Inline, V, Boxer dan Rotary

Kompas.com - 15/10/2020, 14:41 WIB
Mesin V6 Pentastar 3.0L yang dipakai di Jeep Grand Cherokee Limited dan Overland. Febri ArdaniMesin V6 Pentastar 3.0L yang dipakai di Jeep Grand Cherokee Limited dan Overland.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif saat ini terus mengalami kemajuan teknologi, salah satunya adalah mesin mobil modern yang sudah terdiri dari beragam konfigurasi.

Ada beberapa alasan pabrikan menggunakan konfigurasi mesin yang berbeda, bisa karena menyesuaikan kompartemen mesin, kemudahan perawatan hingga mengejar perfoma.

Ada beberapa konfigurasi mesin yang umum digunakan pada mobil seperti mesin segaris atau inline, mesin V, mesin boxer, hingga mesin rotary.

Baca juga: Banderol Toyota Fortuner Dibalai Lelang Muali Rp 185 Juta

Namun, menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, konfigurasi mesin yang paling jamak digunakan pabrikan mobil masih berbentuk inline atau segaris dan V.

“Kebanyakan mobil SUV, MPV dan LCGC menggunakan konfigurasi berbentuk inline, karena secara desain yang paling mudah. Sedangkan untuk V umumnya digunakan untuk kapasitas mesin yang lebih besar,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

1. Mesin segaris atau inline

Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza

Mesin mobil ini adalah yang paling jamak digunakan oleh pabrikan mobil. Sesuai namanya, jenis mesin ini memiliki penempatan silinder atau piston yang sejajar atau segaris.

Secara konstruksi, mesin segaris memang terbilang paling mudah dibuat sebab hanya membentuk garis lurus, satu cabang silinder, dan satu crankshaft saja. Selain itu, keunggulan lain dari mesin segaris adalah memiliki getaran yang halus dengan tenaga dan torsi yang hampir merata di tiap putarannya.

2. Mesin V

Porsche Panamera S dibekali mesin V6, 3.0L dengan turbo gandaarcherscars Porsche Panamera S dibekali mesin V6, 3.0L dengan turbo ganda

Konfigurasi mesin V mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dari mulai V-Twin atau dua silinder, kini sudah hadir V4, V6, V8, hingga V12.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X