Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Diprediksi Bisa Kalahkan Rekor Giacomo Agostini

Kompas.com - 06/10/2020, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

LE MANS, KOMPAS.com - Pebalap legendaris GP500, Alex Criville mengatakan Marc Marquez memiliki semua faktor yang diperlukan untuk mengalahkan rekor Giacomo Agostini dengan raihan 15 gelar.

Juara dunia musim 1999 itu mengatakan, awalnya Valentino Rossi yang diprediksi bisa mengalahkan rekor tersebut tapi nyatanya sekarang sulit. Sedangkan Marc masih punya kesempatan itu.

Baca juga: Cara Marc Marquez Bantu Adiknya di MotoGP 2020

"Giacomo Agostini memiliki 15 gelar. Kemudian diikuti oleh 12 + 1 Angel Nieto. Untuk sementara kami mengira Valentino Rossi bisa menyamai Giacomo. Saya percaya bahwa orang yang bisa menyamai dan bahkan mengungguli dia, meski tidak mudah, adalah Marc Marquez," katanya kepada Marca, dikutip Selasa (6/9/2020).

Alex Criville Foto: (AFP PHOTO / FRANK PERRY) Alex Criville

"Sekarang dia memiliki delapan gelar, tetapi mengingat betapa mudanya dia bisa mencapai 15 gelar. Dulu Anda bisa meraih dua gelar dalam satu musim, sekarang balapan hanyasatu kategori tidak mungkin. Tapi Marc bisa mencoba,” katanya.

Alasannya kata Criville usia Marc masih muda. Dia masih bisa balapan dalam beberapa tahun ke depan. Jika dia bisa terus konsisten mempertahankan prestasinya maka hal tersebut bisa saja terjadi.

Baca juga: Deretan Motor Sport Fairing Primadona 90-an

Giacomo AgostiniKOMPAS.com/Gilang Giacomo Agostini

“Marc masih sangat muda, dia baru 27 tahun, dan bisa balapan katakan 37 atau 38 tahun. Marc masih memiliki 10 tahun karir level tinggi di depannya. Balapannya rumit, tapi secara statistik dia bisa melakukannya," katanya.

Agostini memegang rekor delapan kali juara dunia GP500. Memenangi 122 seri GP dan 15 gelar juara dunia di semua kelas. Rossi sekarang mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh diantaranya GP500 dan MotoGP.

Sedangkan Marc sekarang mengoleksi delapan gelar juara dunia. Enam gelar di MotoGP sejak 2013, sisanya di kelas 125cc dan Moto2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com