Joan Mir Semakin Berbahaya meski Masih Gagal Raih Juara

Kompas.com - 28/09/2020, 08:42 WIB
Joan Mir saat berlaga di MotoGP Catalunya @joanmir36officialJoan Mir saat berlaga di MotoGP Catalunya

JAKARTA, KOMPAS.com - Joan Mir kembali menunjukkan potensi berbahaya bagi pebalap lain di MotoGP 2020. Pada MotoGP Catalunya, Mir berhasil kembali naik ke atas podium.

Hebatnya, Mir finis di urutan kedua setelah start dari posisi kedelapan. Terlepas banyak yang terjatuh, tak mudah juga untuk bertahan dan terus mengejar pebalap terdepan.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Quartararo Kembali Teratas, Mir Kedua

Podium kali ini juga jadi yang ketiga kalinya diraih Suzuki secara berturut-turut. Terakhir kali Suzuki meraih hasil yang sama terjadi pada musim 2000. Bahkan, saat itu Joan Mir baru berusia tiga tahun.

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna@joanmir36official Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna

"Ini bukan balapan yang mudah. Jika Anda start dari barisan ketiga, Anda harus memgambil beberapa risiko pada lap-lap awal untuk maju," ujar Mir, dikutip dari Speedweek.com.

Mir menambahkan, dengan start dari barisan ketiga, apa pun bisa terjadi. Contohnya, seperti yang terjadi pada Andrea Dovizioso yang terjatuh karena Johann Zarco di lap pertama tikungan kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya menyalip beberapa lawan pada dua lap pertama dan berada di belakang (Jack) Miller. Saya tahu Miller selalu sangat kuat di lap-lap awal dan saya mencoba untuk sebisa mungkin kehilangan sedikit waktu saat melawannya," kata Mir.

Baca juga: Hasil MotoGP GP Catalunya 2020, Quartararo Juara, Mir Menggila Lagi

Mir juga menyadari, banyak pebalap yang mulai kesulitan bertahan karena ban belakang mulai turun performanya. Sedangkan Mir berhasil mengatur performa ban terjaga hingga akhir balapan.

"Hari ini saya nyaris menang, tapi Fabio (Quartararo) melakukan pekerjaan yang luar biasa dan pantas untuk menang karena dia menangani ban secara optimal. Jika saya mulai balapan dari depan, saya tidak akan kehilangan waktu melawan Miller. Kami harus meningkat di kualifikasi jika ingin raih kemenangan," ujar Mir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.