Pelat Nomor Kendaraan Hilang atau Rusak, Ini Cara Pengurusannya

Kompas.com - 27/09/2020, 14:36 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengendara diwajibkan memasang tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) di bagian depan dan belakang kendaraannya yang terlihat secara kasat mata.

Tanda tersebut berfungsi sebagai identifikasi kendaraan bahwa sudah legal secara hukum untuk beroperasi di jalan raya. Namun bagaimana jika terjadi suatu hal yang mengakibatkan TNKB atau pelat nomor hilang?

Kasi STNK Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, pemilik tidak perlu panik. Mereka hanya perlu melakukan beberapa tahap pengurusan di Samsat setempat.

Baca juga: Mengenal Kembali Pelat Nomor Dewa di Jalan Raya

Tanda nomor kendaraan bermotor atau pelat nomor.ISTIMEWA Tanda nomor kendaraan bermotor atau pelat nomor.

"Pertama buat laporan polisi terkait kehilangan. Kemudian datangi Samsat tempat kendaraan tersebut terdaftar," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Di sana, pemohon akan diminta oleh petugas untuk menunjukkan KTP, STNK, BPKB, dan laporan polisi tersebut. Bila dinyatakan sudah lengkap, tanpa berlama-lama TNKB baru akan dicetak.

Jangan lupa bahwa Anda juga harus membawa kendaraan terkait untuk dilakukan cek fisik (beberapa kasus).

Baca juga: Ini Sanksi Buat Pengendara yang Tak Punya SIM

Aden dan Melky Touring MotorKOMPAS.com/Alex Aden dan Melky Touring Motor

Pemohon akan dikenakan biaya pencetakan TNKB sesuai dengan regulasi pendapat negara bukan pajak (PNBP) yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 yakni Rp 60.000 untuk kendaraan beroda dua dan roda tiga, serta Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat.

Sementara bagi Anda yang ingin melakukan pergantian pelat nomor kendaraan karena rusak tahapannya tak jauh berbeda. Hanya saja tidak perlu surat keterangan kehilangan dari Polsek setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.