Jarak yang Tepat Nyalakan Lampu Sein Sebelum Belok

Kompas.com - 02/09/2020, 15:01 WIB
Safety Riding Lab Foto: AHMSafety Riding Lab
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu sein berfungsi untuk memberitahu pengendara lain jika kita ingin berbelok. Sein kiri untuk belok ke kiri dan sebaliknya sein kanan untuk belok ke kanan.

Meski terkesan sepele tapi menyalakan sein juga tidak bisa asal. Kerap terjadi pengendara menyalakan sein terlalu dekat saat belok sehingga membuat pengendara lain tak nyaman.

Baca juga: Ini Alasan Lampu Sein Kendaraan Berwarna Kuning

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, nyalakan sein butuh perhitungan jangan terlalu jauh atau dekat belokan.

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

"Sein berfungsi sebagai isyarat atau tanda kita ingin berbelok, sebaiknya jarak 30 meter sebelum belok kita sudah menyalakan lampu sein, agar tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat," katanya kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2020).

Baca juga: Lampu Sein, Fitur Keselamatan yang Biasa Dilupakan

Agus mengatakan, perkiraan waktu dan jarak untuk menyalakan sein sebelum belok cukup penting agar pengendara lain punya antisipasi yang baik. 

"Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak belok," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X