Mengenal Perbedaan Fitur ABS, BA, dan EBD pada Mobil

Kompas.com - 30/08/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi berkendara. Stanly/OtomaniaIlustrasi berkendara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keamanan kendaraan yang disematkan pada sistem pengereman ternyata bukan hanya ABS (Anti-lock Braking System). Namun masih ada beberapa lagi, seperti yang sudah mulai banyak digunakan, di antaranya Brake Assist (BA) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, menjelaskan, perbedaan kegitanya. ABS, BA dan EBD termasuk dalam kategori fitur active safety atau komponen yang bertugas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Mengemudi Saat Hujan, Ini yang Perlu Diperhatikan

Anti-lock Braking System (ABS)

Teknologi ini pertama kali diaplikasikan untuk pesawat terbang, agar tidak tegelincir saat mendarat, karena kondisi jalan yang tidak selalu sama. Baru kemudian disematkan pada kendaraan roda empat dan roda dua.

“Sederhananya, ABS berfungsi untuk membuat roda tidak terkunci ketika pengemudi mengerem terlalu dalam (force brake). Membuat roda tidak bisa dikontrol dan digerakkan ke kiri maupun kek kanan, sehingga sulit menghindari objek tabrak,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/8/2020)

Jadi ketika mobil ada ABS-nya, rem otomatis akan membuka dan menutup untuk mencegah mobil stuck, yang akhirnya mendapat traksi dan bisa dibelokkan. Ini sangat berguna ketika jalan licin atau berpasir dan melakukan force braking.

Anti-lock Braking System.www.nissan-cdn.net Anti-lock Braking System.

Brake Assist (BA)

BA diciptakan karena ada beberapa kecelakaan yang terjadi lantaran pengemudi tidak maksimal menginjak rem, entah karena terlambat atau sudah panik, sehingga terlalu ketakutan duluan ketika akan menghadapi tabrakan.

“Jadi fungsi BA ini membantu meningkatkan tekanan pengereman dalam keadaan darurat. Walaupun rem diinjak sedikit, sistem sudah secara otomatis menambah power untuk membantu menambah kemampuan pengereman,” ucap Didi.

BA juga biasanya membaca pelepasan kaki pada pedal gas secara mendadak dan berpindah ke rem. Jika terbaca seperti itu, BA akan bereaksi dan membantu dalam force braking.

Baca juga: Ubah Tampilan Toyota Fortuner Lama Menjadi Legender

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X