Kompas.com - 30/08/2020, 09:01 WIB
Ilustrasi SRS Airbag IstimewaIlustrasi SRS Airbag

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur keselamatan yang diwajibkan pemerintah saat ini hanya sabuk pengaman, sementara fitur lainnya hanya opsional. Padahal masih ada beberapa fitur penting lain, seperti anti-lock braking system (ABS) dan airbag.

Tidak dapat dipungkiri, penambahan fitur tersebut tentunya akan menambah harga jual per satuan unitnya.

Karena soal harga, beberapa model hanya menawarkan salah satu fitur saja, ABS atau airbag. Lalu, dari kedua fitur tersebut mana yang lebih mendesak untu dimiliki?

Menjawab pertanyaan tersebut Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, kebutuhan yang masih lebih penting adalah ABS. Karena fitur ini tergolong ke dalam active safety, di mana akan membantu pengendara untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: Mengemudi Saat Hujan, Ini yang Perlu Diperhatikan

Sementara airbag adalah passive safety, yang artinya hanya akan bekerja ketika terjadi kecelakaan. Walaupun memang memiliki kedua fitur di mobil akan lebih baik.

Anti-lock Braking System (ABS).schoenauto.com Anti-lock Braking System (ABS).

“Jika disuruh milih, menurut saya lebih penting ABS. Pada dasarnya pengemudi tidak ingin terlibat kecelakaan, jadi penting untuk menghindari, salah satunya dengan ABS. Pasalnya, airbag pun tidak setiap saat bisa mengembang, ada mekanismenya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/8/2020).

Baca juga: Ubah Tampilan Toyota Fortuner Lama Menjadi Legender

Melihat realitanya, banyak kendaraan yang mengalami kecelakaan tunggal, walaupun berada di jalan yang terbilang tidak berisiko. Di mana rata-rata mereka mengalami ini karena melakukan pengereman mendadak (force braking) karena kaget, seperti menghindari lubang atau sesuatu yang melintas.

Mobil tanpa ABS akan berisiko besar apalagi, ketika mobil direm mendadak dengan menginjak pedal dalam-dalam, dan ini bisa terjadi kapan saja, bahkan di jalanan yang tidak diduga bisa terjadi kecelakaan,” ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.