Banyak Kendala, Modifikasi BMW R75/5 Perlu 5 Tahun

Kompas.com - 29/08/2020, 09:02 WIB
BMW R75/5 BMW R75/5


CALIFORNIA, KOMPAS.com - Motor ini awalnya tergeletak begitu saja di rumah Josh Withers, builder sekaligus fotografer. Ketika ada yang minat motor pun akhirnya dibangun kembali sesuai keinginan kustomer.

Awalnya sang kustomer ingin agar motor ini cuma direstorasi. Berhubung versi standar BMW R75/5 boleh dibilang sudah ikonik.

Tapi sialnya, setelah enam bulan sang kustomer menghilang tidak ada kabar. Dia baru kembali setelah dua tahun kemudian.

Baca juga: Alasan Kenapa Truk dan Bus Harus Jalan di Lajur Kiri Jalan Tol

BMW R75/5 BMW R75/5

"Setelah enam bulan dia tidak yakin dengan jenis motor apa yang dia inginkan, dia menghilang selama dua tahun. Saat aku akan menjual tumpukan suku cadangnya, dia muncul kembali," kata Josh mengutip Bikeexif, Jumat (28/8/2020).

Ketika datang kostumernya ingin motor yang sesuai dengan jalan di hutan pedalaman Michigan, tempat tinggalnya. Akhirnya Josh memilih tema scrambler tapi yang simpel.

Agar sesuai dengan bentuk yang diiinginkan, Josh memesan subframe yang sudah jadi tinggal pakai. Tapi ketika dipasang ada yang kurang sehingga akhirnya tetap mesti dimodifikasi sedikit.

BMW R75/5 BMW R75/5

Swingarm standar diganti merek Oshmo warna hitam. Pelek jari-jarinya tetap dipertahankan agar terkesan klasik

Baca juga: Alasan Kenapa Truk dan Bus Harus Jalan di Lajur Kiri Jalan Tol

Jantung standar 750cc dirasa kurang beringas. Kemampuan mesin ditingkatkan jadi 1.000 cc pakai upgrade kit dari Siebenrock. Plus transmisi lima kecepatan dari R90/6.

Sisanya ialah pemanis agar proporsinya tidak berlebihan. Pertama motor dicat warna hijau. Bagian mesin diberi crash bar ditambah lampu tembak buatan Denali.

BMW R75/5 BMW R75/5

Josh mengatakan, dari pertama mulai mulai sampai benar-benar selesai motor ini membutuhkan waktu hampir lima tahun. 

"Saya menjalani operasi punggung, proyek pemulihan sespan yang harus diselesaikan, mendapat bayi perempuan, dan proyek lain sebelum saya bisa melakukannya, tetapi tahun saya mengerjakannya tanpa henti,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X