Supaya Awet, Ini Tips Merawat Mobil dengan Pintu Geser

Kompas.com - 24/08/2020, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan yang terbatas tak lantas membuat peminat mobil dengan pintu geser atau sliding door kehilangan peminat. Pasalnya, mekanisme ini cukup unik dan jadi perhatian tersendiri.

Mobil dengan mekanisme pintu geser memiliki kelebihan akses masuk ke kabin yang lebih mudah dan lapang, di samping kesan yang premium. Apalagi jika pintu sudah disematkan motor elektrik sehingga buka-tutupnya otomatis.

Sebagai salah satu bagian dalam kendaraan, bagian pintu geser ini sudah selayaknya mendapat perhatian dengan perawatan berkala. Bagi pemilik kendaraan dengan pintu geser perawatan bagian kendaraan ini cukup mudah dilakukan bahkan saat di rumah.

Baca juga: Ingat, Mengemudi Sambil Main Ponsel Lebih Bahaya dari Pengaruh Alkohol

Pintu geser memudahkan masuk kabinACE-Dimas Pintu geser memudahkan masuk kabin

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor menyatakan, perawatan pintu geser pada mobil sangat mudah. Hanya saja pemilik harus melakukannya dengan konsisten alias terus-menerus.

"Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi aki," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian, jangan mempercepat gerakan pintu baik saat ditutup maupun dibuka. Biarkan saja sistem kerja elektrik bekerja sesuai hingga selesai.

"Kalau dipaksakan bisa mengurangi kinerja sistem elektriknya," ujar Didi.

Baca juga: Jangan Norak, Pakai Lampu Hazard Saat Berjalan Lurus di Persimpangan!

Toyota Tj Cruiser punya model pintu geser dan lantai rataAFH Toyota Tj Cruiser punya model pintu geser dan lantai rata

Sementara dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, perawatan lainnya bisa dilakukan dengan memastikan leher dalam kondisi baik. Jika leher sudah mengeluarkan suara, maka segera lakukan perawatan dengan memberikan pelumas agar lebih licin.

Kemudian, bersihkan area rel pintu secara berkala sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat pergeseran pintunya. Setelah dibersihkan, olesi area rel dengan menggunakan pelumas pasta yang mengandung parafin.

"Jangan gunakan yang mengandung oli, karena oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel," tulis pernyataan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.