Antiribet, Cuci Visor Helm Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 04/08/2020, 10:42 WIB
Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal. Donny Dwisatryo PriyantoroVisor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen penting pada helm yaitu visor alias kaca. Visor berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau air saat hujan. Karena sering bertemu debu dan air hujan, visor cenderung mudah kotor.

Agar lebih nyaman, visor bisa dibersihkan rutin, agar kebersihannya terjaga. Salah satu jurus membersihkannya, adalah dengan memakai cairan khusus pembersih visor. Saat ini, sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan praktis yang tinggal disemprot ke visor.

Tapi, jika merasa membeli cairan khusus pembersih visor merepotkan dan tidak ramah kantong, ada solusi antiribet, yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring atau sampo.

Baca juga: Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall, Bagaimana Mendeteksinya?

Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan mencuci visor helm dengan sabun cuci piring aman untuk dilakukan, namun perlu dibilas dengan air mengalir dan dilap lembut menggunakan jari untuk menghilangkan debu halus.

Mencuci visor helm dengan sabun cuci piring boleh dilakukan, karena biasanya cepat membersihkan kotoran. Kalau cuci pakai detergen, malah meninggalkan bercak putih di helm,” kata Ahmad kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain sabun cuci piring, sampo juga bisa digunakan untuk membersihkan visor helm. Ahmad mengatakan kalau sampo aman untuk mencuci visor, apalagi sampo bayi, memiliki kadar ph yang tinggi.

Baca juga: Paham Teknik Kickdown Mobil Matik, Bisa Selamatkan Diri di Tanjakan

Membersihkan visor bisa memakai sampo bayi. Karena kadar ph nya, memakasi sampo bayi tidak menimbulkan efek samping pada visor,” ucap Ahmad.

Perlu diingat bagi pemilik helm, jangan pernah mengelap visor saat kering. Karena debu halus yang menempel di visor dan dilap dengan kain, malah mengakibatkan baret halus yang bisa mengganggu pandangan pengendara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X