Kenali Penyebab Temperatur Mobil Naik secara Tiba-tiba

Kompas.com - 31/07/2020, 09:21 WIB
Lampu indikator suhu radiator pada mobil carfromjapan.comLampu indikator suhu radiator pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik kendaraan pasti pernah mengalami kejadian ketika temperatur mobil naik dan turun tidak menentu. Kondisi ini tentu mengganggu, apalagi jika pemilik mobil tidak mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Temperatur mobil yang naik dan turun secara tiba-tiba tidak boleh didiamkan begitu saja. Sebab, jika tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Dealer Technical Support Dept Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, temperatur mobil yang naik secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

“Bisa beragam penyebabnya, mulai dari adanya kebocoran di sistem pendinginan mobil hingga motor kipas pendingin mati,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Mematikan Mesin dalam Kondisi AC dan Audio Menyala Itu Salah!

Kompas.com sudah merangkum beberapa penyebab temperatur mobil naik secara drastis dan cara mengatasinya:

1. Radiator bocor

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

Radiator bocor biasanya disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator. Hal ini umumnya terjadi karena air radiator diisi dengan sembarang cairan atau bukan diisi dengan coolant.

Karena korosi tersebut, radiator yang berbahan logam akan terkisis dan menyebabkan kebocoran. Pada kebocoran ini, coolant menjadi terbuang sehingga tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan.

“Kalau coolant tidak mendinginkan mesin dalam waktu yang lama, otomatis temperatur mobil naik dengan cepat,” kata Didi.

2. Motor kipas yang tidak bekerja

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X