Ini Kerugian Tinggalkan Servis Pertama Mobil di 1.000 Km

Kompas.com - 29/07/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix IstimewaIlustrasi servis mobil di Bengkel Carfix

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi setiap pemilik kendaraan tentunya dituntut untuk melakukan perawatan berkala, di mulai dari 1.000 km atau kurang lebih satu bulan setelah digunakan.

Namun, adakah efek negatif yang ditimbulkan bila pemilik mobil melewatkan servis pertama tersebut?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, sebenarnya secara spesifik tidak ada yang menghawatirkan. Hanya saja bila ada komponen yang terganggu, bisa mengusik rasa nyaman saat berkendara.

Pada fase servis pertama, tidak ada komponen yang diganti, di mana teknisi hanya melakukan pemeriksaan item-item pada komponen mesin, sasis, dan bodi mobil.

Baca juga: ABC Produksi Baterai Lithium Ion buat Kendaraan Listrik Akhir Tahun Ini

Ilustrasi pengecekan mesin mobilKompas.com Ilustrasi pengecekan mesin mobil

“Komponen pada kendaraan masih sangat gress dan presisi, tapi ketika mulai digunakan, ada keterkaitan antar komponen, kondisi lingkungan dan pemakaian. Sehingga untuk memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara, dilakukan pemeriksaan dan perawatan,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/7/2020).

Baca juga: Toyota Pastikan Corolla Cross Meluncur Pekan Depan Secara Virtual

Sementara, pendapat yang sedikit berbeda diungkap oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna. Menurutnya, servis pertama itu wajib dan tidak boleh untuk dilewatkan. Pasalnya, ini juga menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan.

“Tidak boleh terlewat, karena ini pertama syarat warranty, kemudian kedua pengecekan komponen dan fungsi. Jadi harus dilakukan dan tetap harus diservis, meski belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin,” kata Suparna.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan lewatkan servis pertama untuk mobil yang baru saja dibeli. Bahkan, jika ada komponen yang tidak berfungsi maksimal, bisa terdeteksi sejak dini, sebelum merembet menjadi lebih parah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X