Diajak Kerja Sama Bareng Pindad buat Bikin Maung, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 24/07/2020, 14:15 WIB
Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPrototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) mengklaim tengah menjejaki upaya kerja sama dengan Toyota Indonesia terkait pengadaan mesin untuk produk kendaraan taktis (rantis) ringan terbarunya, Maung.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose yang menjelaskan bila pihaknya sudah melakukan diskusi dengan pihak Auto2000 terkait upaya menjalin kerja sama tersebut.

"Soal dengan Toyota bagaimana, kami ini sekarang sedang bikin kerja sama berupa long term agreement dengan mereka (Toyota). Kemarin kami sudah bicara dengan Auto2000 ya, namun paling tidak itu harus naik ke atasnya lagi, ke Astra-nya. Jadi kita lihat dulu seperti apa," ucap Abraham kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Pindad Kirim Sinyal Kerja Sama dengan Toyota untuk Maung

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengakui adanya permintaan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut untuk menjalin kolaborasi.

Toyota Hilux diajak berenang di kubangan. Donny Apriliananda/Kompas.com Toyota Hilux diajak berenang di kubangan.

Namun demikian memang belum ada keputusan apapun karena Toyota pun masih melakukan study lebih lanjut terkiat bentuk kerja sama yang dimaksud.

"Iya, ada permintaan untuk study dari Pindad. Sekarang ini sedang kami bicarakan dengan pihak prinsipal kami lebih dulu," ujar Anton kepada Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Pindad Mulai Produksi Rantis Maung

Seperti diketahui, rantis Maung yang akan menjadi kendaraan tempur ringan dibangung dengan mengandalkan dapur pacu milik Toyota Hilux, yakni turbodiesel berkubikasi 2.494 cc lengkap dengan sistem pengerak empat roda dan transmisi enam percepatan manual.

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

Mesin dengan kode 2GD-FTV tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tk dengan torsi badak, yakni 400 Nm. Spesifikasi dari mesin tersebut pun sampai saat ini dianggap cocok untuk diaplikasi Maung yang telah diuji ketangguhannya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X