Apa Fungsi Cerobong di Atap Bus?

Kompas.com - 23/07/2020, 18:02 WIB
Bus AKAP instagram/official_mediabus_indonesiaBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan kendaraan yang tinggi. Jika diperhatikan pada atap bus, ada kondensor ac pada bagian tengah dan bergerak ke belakang, ada sebuah cerobong yang menghadap ke belakang.

Cerobong yang ada di bagian belakang itu jumlahnya dari satu sampai dua. Lalu apa fungsi dari cerobong tersebut?

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, cerobong yang ada di atap bus itu memiliki dua fungsi, pertama untuk saluran udara ke mesin dan satunya lagi untuk exhaust fan di ruang merokok atau toilet.

Baca juga: Banyak Pemotor Belum Paham, Fungsi Tombol Engine Cut Off (ECO)

Cerobong BusGramho Cerobong Bus

“Untuk model tertentu, ada yang seperti cerobong namun menghadap ke belakang. Ada juga yang modelnya seperti lingkaran, jadi lebih slim kelihatannya,” kata Dimas kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Kemudian pada bagian dalam cerobongnya, ada kipas yang membantu mempercepat angin masuk ke dalam mesin. Kipasnya bekerja berdasarkan tekanan udara saja, tidak pakai tenaga mesin.

Baca juga: Marc Marquez Absen di GP Andalusia, Honda Fokus ke Alex Marquez

“Untuk yang air intake tidak pakai motor baling-balingnya. Sedangkan yang exhaust toilet biasanya pakai mesin,” kata Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana kepada Kompas.com.

Selain air intake yang ada di atas, ada juga yang letaknya di bagian samping belakang. Kedua saluran udara yang berada di bagian belakang disebabkan posisi mesin yang ada di belakang. Sedangkan untuk bus mesin depan, biasanya ada gril untuk masuknya udara dari arah depan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X