Tembus Rp 100 Juta, Kawasaki Ninja ZX-25R Tidak Kena PPnBM

Kompas.com - 12/07/2020, 07:31 WIB
Ninja ZX-25R Kompas.com/DonnyNinja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki akhirnya resmi merilis Ninja ZX-25R yang telah dinanti-nanti banyak orang. Motor sport ini menjadi motor termahal di kelas 250 cc untuk sekarang ini.

Ninja ZX-25R tipe Standard dibanderol Rp 96.000.000 (OTR Jakarta). Sedangkan tipe Special Edition (SE) ABS, harganya mencapai Rp 112.900.000 (OTR Jakarta).

Baca juga: Ninja ZX-25R Tak Kalah Saing dengan KTM RC 390 dan Honda CBR500R

Motor sport full fairing ini membuat heboh dunia otomotif sekarang ini karena menjadi motor di kelas 250 cc dengan 4-silinder. Tenaga dan torsi yang dihasilkan otomatis membuat motor ini teratas di kelasnya.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Dengan harga yang mencapai ratusan juta rupiah tersebut, Ninja ZX-25R tidak dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Meskipun, tenaga yang dihasilkan tidak kalah saing dengan motor gede (moge).

"Tidak kena PPnBM, karena kubikasinya 249,8 cc" ujar Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mengenal Ram Air System di Kawasaki Ninja ZX-25R

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah pada Pasal 39.

Dalam aturan tersebut, tertulis, "Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 60% (enam puluh persen), merupakan: a. kendaraan bermotor beroda 2 (dua) atau 3 (tiga) dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 (dua ratus lima puluh) cc sampai dengan 500 (lima ratus) cc.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X