Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2020, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CBR250R merupakan salah satu motor sport yang masih digemari hingga saat ini. Apalagi yang masih impor alias CBU dari Thailand.

Tapi sebelum kepincut kenali dulu masalah yang kerap terjadi. Lantaran motornya masih impor harga suku cadangnya tinggi. Nah, sebelum kepincut kenali penyakit CBR250R CBU.

Baca juga: Akal-akalan Pedagang Motor Bekas Bikin Halus Suara Mesin

Pathul Andriyansyah pemilik Pitline Motor Sport, mengungkapkan, penyakit yang saat ini banyak dialami CBR250R yaitu gangguan pada komponen kopling dan rantai keteng.

“Rata-rata urusan kopling, kaki lima (dudukan), pelat kopling dan kampas kopling, kebanyakan itu. Kemudian ada juga rantai keteng dan sama tonjokan rantai keteng,” kata Paul kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda CBR250R CBU Thailand Foto: Istimewa Honda CBR250R CBU Thailand

Paul mengatakan, kebanyakan bagian-bagian tersebut rusak karena memang usia motor yang tak muda lagi. Batas waktu pemakaiannya hanya sekitar empat tahun sebelum mesti ganti.

Baca juga: Jangan Asal Gaya, Modifikasi Juga Bisa Menunjang Fungsionalitas Motor

Masalahnya, seperti disebutkan karena motor masih impor suku cadangnya juga impor. Alhasil beberapa spareparts yang diperlukan belum tentu ada, kalaupun ada harganya tak murah.

"Ketersediaan barangnya tergantung, kalau rantai keteng ada, tapi kalau kopling kosong, dan harus pesan dahulu dari Thailand,” kata Paul.

Paul mengatakan, paling cepat order sekitar dua mingguan. "Kami juga biasanya suka pesan dari Jakarta Honda Center atau Wahana Gunung Sahari di mana paling cepat satu bulan, untuk yang CBU,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com