Kompas.com - 25/06/2020, 17:06 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban benjol alias ''ban bunting" merupakan kondisi diplomatis buat pengendara motor. Jika sudah benjol ban tidak bisa balik ke kondisi normal, sedangkan kalau tetap dipakai bakal tidak enak.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengataka penyebab ban benjol yakni karena ada udara yang terperangkap di antara lapisan-lapisan pada bagian dalam ban.

Baca juga: Ini Akibat Fatal Bonceng Anak di Jok Depan Motor

"Ban benjol terjadi karena adanya gelembung udara pada lapisan ban. Gelembung tersebut terjadi karena udara masuk dan terjebak di antara lapisan kompon ban," kata Dodiyanto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ban motor kempisFoto: motorcyclenews.com Ban motor kempis

Penyebab udara masuk ke lapisan ban pun ada beberapa perkara. Paling umum yaitu ada tiga, yaitu sering dipakai dalam kondisi kempis, sering kurang angin, dan ketiga karena bekas tambal ban.

Baca juga: Pakai Busa Latex, Bikin Jok Motor Jadi Lebih Empuk

"Kalau ban kempis dan kurang angin dipaksa jalan membuat ban stress karena menanggung beban berat, lapisan ban juga jadi bergesekan, dan di situ udara masuk. Bekas tambal ban juga demikian, karena bukan cuma bannya bolong, tapi di situ ada udara masuk," kata Dodi.

Jika ban sudah benjol maka kata Dodi lebih baik ganti dengan ban baru, sebab jika tetap dipakai motor bakal kurang nyaman dikendarai. Motor bakal terasa goyang-goyang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.