Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 02/06/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil mesin diesel memang dikenal bandel dan minim dari perawatan. Meski demikian, buka berarti pemilik mobil bisa acuh dan tidak mengetahui cara merawat mobilnya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, dari segi perawatan, mobil diesel terbilang lebih praktis dibandingkan dengan mesin bensin.

Mobil diesel tidak perlu ganti dan membersihkan busi, namun ada satu komponen yang harus diperhatikan yaitu filter solar,” ujarnya.

Walaupun tidak ada waktu pergantian secara periodik, sebaiknya filter solar selalu diganti bersamaan dengan ganti oli yaitu tiap 10.000 km.

Baca juga: Waspada, Efek Air Hujan Terhadap Kaki-kaki Mobil

Ketua Innova Community Indonesia, yang juga pemilik mobil diesel, Fransisca FA, mengatakan, Innova diesel merupakan mobil yang perawatannya mudah dan simpel.

Ilustrasi Filter SolarKompasOtomotif Ilustrasi Filter Solar

Meski begitu pemilik mobil tetap harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah kondisi filter. Khususnya, untuk yang terbiasa menggunakan bio solar.

Filter solar harus rajin diganti, karena filter udara yang bersih merupakan hal yang terpenting bagi pengguna mobil diesel,” ujar Fransisca kepada Kompas.com.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Jari Kiri Nyangkut di Tuas Kopling

Kualitas BBM yang jelek menjadi faktor utama kuras tangki harus rutin dilakukan, memang ada filter bahan bakar yang bertugas untuk menyaring kotoran yang ada, namun kotoran yang mengendap terlalu lama biasanya akan membentuk sesuatu yang tidak lolos saringan kasar.

“Tetap harus melakukan pengurasan tanki secara rutin, agar saluran suplai untuk bahan bakar lancar dan tidak tersumbat” ujar Fransisca.

Jika tidak dikuras secara rutin akan timbul risiko injektor tersumbat atau rusak karena jalur bahan bakar yang sudah kotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com