Mitos atau Fakta, Wanita Lebih Rentan Kecelakaan Dibanding Pria?

Kompas.com - 30/05/2020, 08:22 WIB
Pengendara Wanita Stanly/OtomaniaPengendara Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti ini, tidak sedikit wanita mandiri yang mengendarai mobil sendiri. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak kaum hawa yang masih melakukan berbagai kesalahan di jalan.

Cara mengemudi yang sembarangan, atau kurangnya konsentrasi saat mengemudi, menjadi faktor penyebab yang kerap dilakukan kaum wanita. Meskipun, kondisi ini dianggap wajar, lantaran karakter menyetir mobil antara pria dan wanita memang berbeda.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sonny Susmana mengatakan, kebanyakan kaum hawa belum memahami cara mengemudi yang baik dan benar, sehingga sering melakukan kesalahan kecil yang dapat memicu kecelakaan.

Baca juga: Berkendara Dekat Truk, Bunyikan Klakson Sebagai Tanda

“Sering kita temui pengemudi wanita yang berkendara pelan di lajur yang salah, padahal itu sangat berbahaya,” ujar Sony kepada Kompas.com di Jakarta.

Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.DAILY MAIL Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.

Sony melanjutkan, respons yang lebih lambat ketika mengemudi juga kerap menyebabkan wanita sering melakukan pergerakan tanpa aba-aba.

“Karena kebanyakan wanita tidak paham akan rute yang akan mereka lalui, sehingga banyak dari mereka yang menggunakan navigasi sebagai penunjuk arah. Hal ini yang membuat mereka suka berbelok tanpa aba-aba, tidak memberi lampu sen sebelumnya,” katanya.

Baca juga: Colokan USB di Kabin Bus Bukan untuk Isi Daya Powerbank

Kesalahan kecil lainnya yang paling sering ditemui adalah, sering melakukan aktivitas lain sambil menyetir, seperti berdandan.

“Spion tengah dominan dipakai untuk berkaca atau dandan, kebanyakan wanita melakukan hal ini ketika sedang berada di tengah kemacetan,” ujar Sonny.

Walaupun tidak semua wanita berkendara secara demikian, namun Sonny menyarankan baik wanita ataupun pria harus memiliki ketahanan dan fokus yang sama saat mengemudi, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X