Perang 2 Legenda Balap, Jorge Lorenzo dan Giacomo Agostini

Kompas.com - 17/05/2020, 03:21 WIB
Jorge Lorenzo saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by MOHD RASFAN / AFP) MOHD RASFANJorge Lorenzo saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by MOHD RASFAN / AFP)
|

LUGANO, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 dan ketidakpastian jadwal MotoGP 2020, persaingan justru mencuat antara dua legenda balap motor dunia, yaitu Giacomo Agostini dan Jorge Lorenzo.

Pertikaian ini bermula ketika Agostini mengatakan dia percaya bahwa kegagalan Lorenzo di Ducati dan Honda sampai akhirnya pensiun ialah soal pikiran. Motor penting tapi pikiran yang menentukan, begitu intinya.

Baca juga: Lorenzo Kecewa Tak Jadi Balapan, Nasib Musim Depan Masih Dipertanyakan

Lorenzo meradang mendengar pernyataan legenda balap Italia tersebut. Dia kemudian balas menyindir Agostini lewat media sosial, dan mengatakan teknologi motor berkembang pesat dibandingkan saat dia jadi pebalap.

Jorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020).@YAMAHAMOTOGP Jorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020).

"Apakah saya berhutang uang kepada orang ini atau apa? Dia bilang aku gagal di Ducati ... Ayolah! Betapa mudahnya berbicara ketika Anda belum mengendarai motor selama 50 tahun,” tulis Lorenzo.

Agostini tidak gentar. Juara dunia GP 500cc delapan kali itu menjawab nada sinis Lorenzo bahwa "kebenaran itu menyakitkan." Agostini mengatakan dia berhak mengkritik Lorenzo sama seperti dia juga memuji dia atas keberhasilannya.

"Saya mengagumi Lorenzo dari caranya menjadi juara, cara dia membalap, dan cara dia mengendalikan balapan. Saya selalu berpikir positif tentang dia ketika ia masih di Yamaha, menjadi rekan satu tim Valentino Rossi. Tapi sayangnya, saya juga harus bilang bahwa saya punya pandangan lain ketika dia tidak bisa sesukses itu saat berada di Ducati," kata Agostini.

Baca juga: Marquez Pesimistis Lampaui Gelar Agostini

Perseteruan makin runcing sebab Lorenzo juga tidak mau mengalah. Lorenzo merespon dengan memposting unggahan di Instagram yang intinya membandingkan perbedaan antara MotoGP saat ini dengan era Agostini.

Giacomo Agostini bersama dengan Jorge LorenzoMotoGP Giacomo Agostini bersama dengan Jorge Lorenzo

Lorenzo mengatakan motor zaman sekarang jauh lebih kencang dan sulit dikendalikan. Adapun komentar Agostini kepadanya juga dianggap tidak pantas keluar dari mulut legenda balap.

Berikut pernyataan lengkap terbaru Lorenzo di medsos:

"Aku berharap suatu hari nanti, tidak harus berurusan dengan generasi baru yang tetap menjadi fosil dengan kenangan kemenangan, membandingkan masa depan dengan masa laluku dan berkata "Di era saya.."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Crash
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X