Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepele, Tutup Pentil Ban Ternyata Ada Fungsinya

Kompas.com - 11/05/2020, 14:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kecil tutup pentil punya tugas yang besar. Tutup pentil ban berfungsi agar drat dan sil atau karet-karet yang terdapat di pentil ban tidak mudah mengeras.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, tutup pentil menjaga pentil ban agar tidak kemasukan benda lain.

Baca juga: Ban Radial Enggak Pas buat Skutik dan Bebek

"Fungsi tutup pentil ban itu penting. Karena di dalam pentil ban itu terdiri komponen kecil yang sensitif. Kalau tidak ada penutup bisa ada pasir atau benda asing yang masuk ke pentil ban yang bisa membuat rusak komponennya," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Aksesori penutup pentil ban mobilGhulam Muhammad Nayazri/Otomania Aksesori penutup pentil ban mobil

Tanpa tutup pentil ban, nantinya ditakutkan pasir atau benda lain bisa masuk ke bagian dalam pentil ban. Jika sudah begitu pasir atau benda lain bisa merusak alur atau drat dan komponen lain termasuk sil karet.

"Di dalam pentil ban ada sejenis karet sebagai penahan angin supaya angin di dalam ban tidak ke luar atau bocor. Kalau drat itu jebol atau sil karetnya tidak berfungsi maka ban bisa bocor halus," katanya.

Baca juga: Proses Panjang Pembuatan Ban MotoGP Sebelum Dipakai Balapan

Dodi mengatakan, untuk itu perlu juga perhatikan terhadap kebersihan pentil ban. Sebab sering yang terjadi sudah memakai tutup pentil ban tapi kebersihannya tidak dijaga dan justru membuat pentil ban rusak.

"Sering sekali kita waktu menambah angin kemudian tutup pentil ban ditaruh sembarangan. Sedangkan waktu diteruh sembarangan itu kemungkinan besar ada pasir, tanah atau sebagainya ikut masuk juga," kata Dodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com