Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Hindari Begal Pecah Kaca Saat Parkir di Pinggir Jalan

Kompas.com - 11/05/2020, 10:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil, makin marak terjadi akhir-akhir ini. Pelaku tak hanya melakukan pada malah hari, bahkan saat siang hari dalam kondisi yang ramai saat di pinggir jalan.

Pelaku begal pecah kaca tak hanya mengincar mobil yang parkir dan ditinggal pemiliknya. Mobil yang tengah berhenti sejenak di pinggir jalan pun sangat mungkin didatangi pencuri.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, pemilik mobil harus mempertimbangkan aspek keamanan dan keselamatan diri saat memutuskan untuk berhenti di pinggir jalan.

Baca juga: Cerita Bus AKAP Jakarta-Surabaya Cuma Bawa 1 Penumpang, Pakai Stiker Khusus

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.com.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

Paling aman, pilihlah lokasi berhenti yang menyediakan tempat parkir atau minimal ruang cukup bagi mobil Anda. Jangan memaksakan untuk berhenti di jalur yang sempit.

“Lebih baik tidak parkir di pinggir jalan, karena selain risiko perampokan, juga ada risiko terserempet dan tertabrak kendaraan lain,” kata Marcell, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Tapi kalau terpaksa, selalu perhatikan dan waspada dengan kondisi sekeliling. Pastikan kunci pintu saat keluar atau tetap di dalam mobil” katanya.

Baca juga: Tidur di Dalam Mobil Lebih Aman Kondisi Mesin Hidup atau Mati?

Tampak mobil parkir sembarangan di Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019).KOMPAS.com/DEAN PAHREVI Tampak mobil parkir sembarangan di Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019).

Marcell juga mengingatkan pemilik mobil untuk melipat spion saat parkir di pinggir jalan, agar tidak terserempet kendaraan lain.

Terakhir, pastikan kendaraan dipinggirkan sedekat mungkin dengan trotoar supaya tidak menghalangi akses jalan yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com