Begini Cara Hindari Begal Pecah Kaca Saat Parkir di Pinggir Jalan

Kompas.com - 11/05/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil whichcar.co.auIlustrasi pencurian begal pecah kaca mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil, makin marak terjadi akhir-akhir ini. Pelaku tak hanya melakukan pada malah hari, bahkan saat siang hari dalam kondisi yang ramai saat di pinggir jalan.

Pelaku begal pecah kaca tak hanya mengincar mobil yang parkir dan ditinggal pemiliknya. Mobil yang tengah berhenti sejenak di pinggir jalan pun sangat mungkin didatangi pencuri.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, pemilik mobil harus mempertimbangkan aspek keamanan dan keselamatan diri saat memutuskan untuk berhenti di pinggir jalan.

Baca juga: Cerita Bus AKAP Jakarta-Surabaya Cuma Bawa 1 Penumpang, Pakai Stiker Khusus

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.com.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

Paling aman, pilihlah lokasi berhenti yang menyediakan tempat parkir atau minimal ruang cukup bagi mobil Anda. Jangan memaksakan untuk berhenti di jalur yang sempit.

“Lebih baik tidak parkir di pinggir jalan, karena selain risiko perampokan, juga ada risiko terserempet dan tertabrak kendaraan lain,” kata Marcell, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Tapi kalau terpaksa, selalu perhatikan dan waspada dengan kondisi sekeliling. Pastikan kunci pintu saat keluar atau tetap di dalam mobil” katanya.

Baca juga: Tidur di Dalam Mobil Lebih Aman Kondisi Mesin Hidup atau Mati?

Tampak mobil parkir sembarangan di Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019).KOMPAS.com/DEAN PAHREVI Tampak mobil parkir sembarangan di Jalan Ir. Juanda, Kota Bekasi, Selasa (15/1/2019).

Marcell juga mengingatkan pemilik mobil untuk melipat spion saat parkir di pinggir jalan, agar tidak terserempet kendaraan lain.

Terakhir, pastikan kendaraan dipinggirkan sedekat mungkin dengan trotoar supaya tidak menghalangi akses jalan yang tersedia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X