Bikers Hati-hati Tersenggol Pintu Mobil yang Parkir di Pinggir Jalan

Kompas.com - 06/05/2020, 10:42 WIB
Hati-hati buka pintu aripitstopHati-hati buka pintu

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berkendara, ada saja kejadian dari pengguna jalan lain yang bisa menyebabkan bahaya. Salah satunya seperti mobil yang membuka pintu secara tiba-tiba ketika parkir di pinggir jalan.

Ketika membuka pintu dengan tiba-tiba, bisa jadi menyenggol bikers atau pengendara motor yang melintas. Ketika tersenggol, keseimbangan pemotor hilang dan bisa terjatuh, tentunya hal seperti ini bisa berbahaya.

Bagi pengendara motor, apa yang harus dilakukan untuk mencegah kecelakaan ini terjadi?

Agus Sani, Head of Safety Riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer motor Honda Wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, tersenggol pintu mobil memang kejadian yang sulit untuk diprediksi.

Baca juga: Polda Metro Jaya Awasi Ketat Travel Gelap

Ilustrasi buka pintu mobilfacebook Ilustrasi buka pintu mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Cara untuk menghindarinya yaitu dengan selalu fokus ke depan saat berkendara, agar bisa memprediksi kemungkinan bahaya yang akan terjadi,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (5/5/2020).

Agus menjelaskan, ketika berkendara dalam keadaan fokus dan konsentrasi, maka refleks dalam mengendalikan rem dan kendaraan menjadi lebih baik. Jika melihat di depan ada mobil yang menyala dan parkir, pengendara bisa mengurangi kecepatannya.

Baca juga: Mobil Bekas dari Pabrikan Eropa yang Dijual Rp 50 Jutaan

“Jika ada di jalan sempit, satu-satunya cara ya mengurangi kecepatan. Kalau jalannya lebar, bisa bergeser agar tidak terlalu mepet dengan bahu jalan bila memungkinkan,” kata Agus.

Agus juga menambahkan, kalau memang tidak bisa dihindari dan terjatuh, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan riding gear yang aman. Hal ini dilakukan agar tidak terluka parah ketika terjadi kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.