Formula E Jadi Penentu Mulainya Balap Dunia Usai Pandemi

Kompas.com - 30/04/2020, 09:42 WIB
Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia. Motorsport.comSuasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggara Formula E dan FIA telah mengumumkan untuk menunda ajang balap mobil listrik musim 2019-2020 hingga beberapa bulan ke depan.

Ajang Formula E terdekat dijadwalkan akan berlangsung di New York pada 11 Juli 2020, jika kondisinya sudah memungkinkan.

Sebelumnya sejak awal Februari, Formula E (FE) jadi ajang balap pertama yang mengumumkan untuk membatalkan beberapa kalender balap karena imbas Covid-19.

Baca juga: Ini Cara Dapat Izin Mudik untuk Para Pengguna Kendaraan

 

Sirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012.  AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Sirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012. AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Balap pertama yang dihentikan karena Covid-19 itu ajang FE di Sanya, China, 21 Maret 2020. Setelah itu FE langsung ambil kebijakan postpone sejumlah balap,” ucap pengamat motorsport Arief Kurniawan, dalam konferensi video Rabu (29/4/2020).

Arief mengatakan, setelah Formula E mengumumkan pembatalan balap di Sanya. Sejumlah ajang balap seperti Formula 1, Formula 2, hingga MotoGP ikut menghapus kalender balap yang berlangsung sekitar Maret 2020.

“Tak lama kemudian MotoGP Qatar yang berlangsung 8 Maret, dan F1 GP Australia 15 Maret, juga dibatalkan,” katanya.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik

 

Formula 1 MonacoFoto: formula1.com Formula 1 Monaco

Arief menambahkan, penyelenggara Formula E dinilai lebih cepat tanggap dengan situasi pandemi global.

Langkah keputusan yang akan diambil Formula E selanjutnya patut ditunggu. Sebab kebijakan itu bakal ditiru penyelenggara balap lain seperti MotoGP

“Gongnya bisa ada di FE, saya harap FE bisa jadi yang duluan untuk mengumumkan kapan balap bisa dimulai lagi,” ujar Arief.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X