Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formula E Jadi Penentu Mulainya Balap Dunia Usai Pandemi

Kompas.com - 30/04/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggara Formula E dan FIA telah mengumumkan untuk menunda ajang balap mobil listrik musim 2019-2020 hingga beberapa bulan ke depan.

Ajang Formula E terdekat dijadwalkan akan berlangsung di New York pada 11 Juli 2020, jika kondisinya sudah memungkinkan.

Sebelumnya sejak awal Februari, Formula E (FE) jadi ajang balap pertama yang mengumumkan untuk membatalkan beberapa kalender balap karena imbas Covid-19.

Baca juga: Ini Cara Dapat Izin Mudik untuk Para Pengguna Kendaraan

 

Sirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012.  AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Sirkuit Estoril pernah menjadi tuan rumah MotoGP 2000-2012. AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Balap pertama yang dihentikan karena Covid-19 itu ajang FE di Sanya, China, 21 Maret 2020. Setelah itu FE langsung ambil kebijakan postpone sejumlah balap,” ucap pengamat motorsport Arief Kurniawan, dalam konferensi video Rabu (29/4/2020).

Arief mengatakan, setelah Formula E mengumumkan pembatalan balap di Sanya. Sejumlah ajang balap seperti Formula 1, Formula 2, hingga MotoGP ikut menghapus kalender balap yang berlangsung sekitar Maret 2020.

“Tak lama kemudian MotoGP Qatar yang berlangsung 8 Maret, dan F1 GP Australia 15 Maret, juga dibatalkan,” katanya.

Baca juga: Catat, Ini Kriteria Pengguna Kendaraan yang Boleh Mudik

 

Formula 1 MonacoFoto: formula1.com Formula 1 Monaco

Arief menambahkan, penyelenggara Formula E dinilai lebih cepat tanggap dengan situasi pandemi global.

Langkah keputusan yang akan diambil Formula E selanjutnya patut ditunggu. Sebab kebijakan itu bakal ditiru penyelenggara balap lain seperti MotoGP

“Gongnya bisa ada di FE, saya harap FE bisa jadi yang duluan untuk mengumumkan kapan balap bisa dimulai lagi,” ujar Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com