Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2020, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi telah mengubah transaksi jual beli, kini semua bisa didapatkan hanya dengan menggerakkan jari tanpa harus bertatap muka dengan salesman atau wiraniaga.

Tak terkecuali di Indonesia, saat ini pembelian mobil dapat diproses secara daring, bahkan dari rumah Anda.

Kemajuan industri otomotif yang serba digital pun dianggap dapat menghapus peran tenaga penjual. Meski begitu, wiraniaga ternyata masih punya peran tersendiri.

Baca juga: Pengemudi Seperti Ini yang Bisa Didenda Rp 100 Juta karena Nekat Mudik

Salah satu diler Honda di China.Nikkei Salah satu diler Honda di China.

“Kehadiran wiraniaga sebenarnya tetap dibutuhkan menurut saya sampai hari ini,” ujar Ali Hanafiah, Co Founder & Director Arista Group, dalam konferensi video (27/4/2020).

“Di beberapa negara maju pun wiraniaganya tetap ada, karena pelanggan ini hanya bisa dijawab oleh wiraniaga untuk membantu memilih kendaraannya,” kata Ali.

Menurutnya, mobil di Indonesia masih dianggap sebagai barang mewah yang dikelompokkan dalam kebutuhan tersier. Oleh karena itu, dibutuhkan wiraniaga yang baik untuk menjelaskan produk dan cara pembelian yang baik.

Baca juga: Mengenal Istilah Kandang Macan, Tempat Istirahat Sopir Bus AKAP

Kemudahan kredit kendaraan di Auto2000Istimewa Kemudahan kredit kendaraan di Auto2000

Walau demikian, Ali tak memungkiri kemajuan teknologi telah mengurangi pekerjaan tenaga penjual. Seperti kita tahu, saat ini konsumen bisa lebih mandiri untuk mengetahui spesifikasi mobil dengan mencari informasi dari internet.

“Hanya mungkin bedanya adalah interaksi dengan wiraniaga tidak sebanyak waktu dulu. Kalau dulu pelanggan hanya bergantung pada wiraniaga dan bertanya, sekarang beberapa pertanyaan mereka bisa dibantu dan dijawab lewat online,” ucap Ali.

“Tapi dalam pemilihan, proses penyerahan, penjelasan kalkulasi kredit yang leih detail dan lain sebagainya tetap dibutuhkan wiraniaga,” ujarnya

Ali juga menambahkan, profesi wiraniaga masih akan bertahan meski industri otomotif beralih ke arah digital. Asalkan mereka punya keterampilan yang baik dan memahami cara untuk beradaptasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com