Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Tubeless Bocor Pilih Tambal Model String atau Tip Top?

Kompas.com - 20/04/2020, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit yang memakai ban tubeless karena dirasa lebih aman dan nyaman. Sebab ban jenis ini tidak mudah kempis meski terkena benda tajam, karena udara di dalam ban keluar pelan-pelan.

Meski demikian bukan berarti ban tubeless anti bocor. Jika bocor atau terkena paku ban tetap harus ditambal. Ada dua metode tambal ban yang sering dipakai, yaitu dengan cara string dan tip top.

Baca juga: Ban Motor Masih Kempis Setelah Ganti Tubeless, Coba Cek Ini!

String adalah metode tusuk dan sumpal, merupakan cara yang paling jamak ditemui. Mayoritas tukang tambal ban pinggir jalan pakai cara ini.

Sementara. tip top, adalah dengan menambal dari dalam dengan menempelkan tire patch.

Pelek jari-jari ban tubelessStanly/Otomania Pelek jari-jari ban tubeless

Jimmy Handoyo, selaku Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR, mengatakan, dari kedua metode itu produsen ban menyarankan memakai cara tip top.

"Komponen nylon di dalam ban bisa putus jika ditusuknya tidak pas. Sehingga, hal ini bisa merusak konstruksi ban. Bisa mengakibatkan ban menjadi benjol," kata Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Isi Udara Ban Motor dengan Nitrogen, Terasa Lebih Stabil?

Dijelaskan Jimmy,  cara tip top paling aman sebab pada dasarnya seperti memplester ban dari dalam. Kekurangannya, metode ini kurang familiar sehingga kalau bocor, pengguna motor jadi kembali pakai cara string.

"Tapi kalau sekarang kan orang ambil cara yang paling mudah dengan string. Kita juga tidak bisa melarang, karena itu yang banyak di pinggir jalan," kata Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com