Pandemi Covid-19, Jumlah Kendaraan yang Melintas di Tol Turun Drastis

Kompas.com - 19/04/2020, 15:34 WIB
Jasa Marga lakukan pemeliharaan dan pelebarang di Tol Jagorawi Jasa Marga lakukan pemeliharaan dan pelebarang di Tol Jagorawi
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 atau virus corona berdampak pada banyak sektor. Salah satunya ialah jumlah penurunan volume kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Jasa Marga Group.

PT Jasa Marga (Persero), mencatat, sejak imbauan Work From Home (WFH) dan kini berlanjut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah, terjadi penurunan volume dibandingkan hari biasa.

Baca juga: PSBB Bogor, Jasa Marga Awasi Pengguna Jalan dari Gerbang Tol

"Setelah adanya imbauan WFH sejak 16 Maret 2020 lalu demi mencegah penyebaran Covid-19, Jasa Marga mencatat penurunan volume kendaraan jika dibandingkan dibandingkan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/4/2020).

Gerbang Tol Karawang Timur 1Dok. Regional Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) Gerbang Tol Karawang Timur 1

Tercatat ada tiga Gerbang Tol (GT) Utama yang berbatasan dengan wilayah Jabotabek yang terdampak, yaitu GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek (akses arah Timur), GT Cikupa Exit Jalan Tol Jakarta-Merak (akses arah barat) dan GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi (akses arah Selatan).

Rinciannya, tujuh hari sejak imbauan WFH, terdapat penurunan di GT Cikampek Utama 2 sebesar 12 persen, GT Cikupa Exit sebesar 14 persen dan GT Ciawi 2 sebesar persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jasa Marga Tak Tutup Jalan Tol, Tunggu Instruksi Pemerintah

Sedangkan saat ini yaitu 28 hari sejak imbauan WFH dan ditambah PSBB terdapat penurunan di GT Cikampek Utama 2 sebesar 27 persen, GT Cikupa Exit 26 persen dan GT Ciawi 2 sebesar 35 persen.

Selain Tol Jasa Marga Group yang berbatasan dengan wilayah Jabotabek, Jasa Marga juga mencatat adanya penurunan lalu lintas di ruas jalan tol jarak jauh antar kota.

Sebagai contohnya di Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh Jasa Marga Group, terjadi penurunan sekitar persen dari LHR normal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X