Mengenal Jenis Aluminium Pelek Motor lewat Kode Khusus

Kompas.com - 21/03/2020, 13:22 WIB
Pelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless. Youtube/M-OnePelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan pembuat pelek bervariasi, tetapi biasanya dibagi dua, yaitu besi dan aluminium. Khusus buat aluminium mempunyai spesifikasi yang tidak sama alias berbeda.

Robby Ganie, Manager Riset dan Pengembangan RCB Indonesia, merek aftermarket asal Malaysia, mengatakan, aluminium macam-macam dan mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda.

Baca juga: Kekurangan Pelek Palang Dibanding Pelek Jari-jari

"Aluminium ada tingkat kekuatannya. Untuk pelek pemakaian sehari-hari (jalan raya) cukup pakai aluminium standar T6, kalau untuk off road ( motor trail) pakai yang T7 dia lebih keras," kata Robby kepada Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.Ghulam/Otomania Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.

Robby mengatakan, aluminium T6 dan T7 juga mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

"Cuma untuk aluminium T7 ada kekurangan, karena dia sebetulnya bahan untuk konstruksi. Jadi dia finishing-nya tidak bisa sebagus yang T6," katanya.

Baca juga: Ini Alasan Pelek Palang Lebih Dipilih daripada Jari-jari

Contohnya, kata Robby, yaitu pelek aluminium variasi untuk skutik dan lainnya yang cukup ramai di pasaran. Warna peleknya bisa menyala karena menggunakan aluminium T6, bukan T7.

" Pelek variasi bisa sangat kinclong itu pakai T6, kalau dia pakai bahan yang T7 dari segi tampilan tidak bisa sebagus T6," katanya.

"Seperti bahan dasar sasis mobil, kalau sasisnya pakai aluminium dia pakai T7. Karena pemikirannya begini, tidak perlu aplikasi yang terlalu bagus karena buat konstruksi tidak kelihatan," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X