Keunggulan Pelek Aluminium di Sepeda Motor

Kompas.com - 21/03/2020, 14:22 WIB
Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing. Ghulam/OtomaniaRagam pelek jari-jari merek TDR Racing.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor, terutama roda dua. Adapun bahan pembuat pelek bervariasi, tetapi biasanya dibagi dua, yaitu besi dan aluminium.

Robby Ganie, Manager Riset dan Pengembangan RCB Indonesia, merek aftermarket asal Malaysia, mengatakan, pelek besi dan aluminium mempunyai keunggulan masing-masing tergantung peruntukan.

Baca juga: Kenapa Motor Trail Harus Pakai Pelek Jari-jari?

Pelek jari-jari ban tubelessStanly/Otomania Pelek jari-jari ban tubeless

"Pelek aluminium lebih ringan (bobotnya), kemudian warna bisa variatif, warnanya lebih kuat daripada cat, kalau bahannya besi rata-rata hanya krom dan hitam," katanya kepada Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Robby mengatakan, persentase perbedaan bobot antara pelek aluminium dan besi bisa sampai 50 persen. Bahkan, bisa lebih ringan lagi kalau memakai bahan aluminium yang bagus.

Baca juga: Kenali Pelek Palang yang Bagus buat Ban Tubeless

"Selain itu, pelek aluminium lebih tahan dari segi korosi. Karena itu, motor trail terutama yang baru itu sudah aluminium dari pabrik. Tapi, kalau dari segi kekuatan tetap lebih kuat yang bahan besi," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X