Obat Supaya Tangki BBM Motor Tidak Berkarat

Kompas.com - 11/03/2020, 16:22 WIB
Tangki motor berkarat Foto: Otomania.gridoto.comTangki motor berkarat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian dalam tangki yang berkarat dapat membuat tangki jadi bocor. Selain bocor karena korosi, juga dapat mengakibatkan penyumbatan di bagian saluran bahan bakar.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, sebelum tangki berkarat maka usahakan isi tangki bahan bakar secara penuh.

Baca juga: Harga All New Nmax Naik, Ini Alasan Yamaha

"Isi bahan bakar secara full tank dan jangan biarkan bahan bakar mengendap di dalam tanki terlalu lama," kata Herman panggilannya kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Herman menjelaskan, jika bagian dalam tanki sering kosong dapat menimbulkan embun dan air. Hal itu yang berakibat timbulnya karat di tangki.

Selain itu kata Herman, jangan biarkan motor terlalu lama tidak dihidupkan sehingga membuat bensin mengendap di tangki.

Baca juga: Anies Tunda Formula E Jakarta, Ini Kata Penyelenggara

"Usahakan panaskan kendaraan setiap hari minimal bahan bakar di tanki bisa terkonsumsi oleh kendaraan," katanya.

Herman mengatakan, timbulnya karat di bagian dalam tangki secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan.

"Biasanya jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali biasanya satu tahun kemudian karat itu akan timbul," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X