Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basis Produksi Triumph Lebih Dekat dari Indonesia

Kompas.com - 25/02/2020, 14:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


HINCKLEY, KOMPAS.com - Triumph Motorcycles mengumumkan bakal memproduksi seluruh model sepeda motor di luar Inggris. Jenama asal Inggris itu mengatakan bakal memindahkan seluruh produksi ke pabrik baru di Thailand.

Saat ini pabrik di Hinckley, Inggris, tinggal memproduksi dua model yaitu Speed Triple dan Tiger 1200. Dalam waktu dekat keduanya akan diproduksi di fasilitas baru yang terletak di kawasan Chonburi, Thailand.

Baca juga: Sejarah Triumph T100

Meski begitu bukan berarti pabrik di Inggris tutup. Pabrik masih akan memproduksi unit special edition seperti Triumph Factory Custom (TFX), dan serta mengembangkan model-model baru. Tapi untuk produksi massal akan dilakukan di Thailand.

Nick Bloor, CEO Triumph mengatakan, pemindahan fasilitas produksi guna mempersiapkan gelombang pertumbuhan strategis Triumph. Pabrikan ingin memaksimalkan peluang pertumbuhan secara global terutama di pasar Asia.

Triumph edisi terbatasKOMPAS.com/Ruly Triumph edisi terbatas

"Inilah sebabnya kami meningkatkan sumber daya desain kami di sini di Inggris, dan memfokuskan kemampuan produksi massal kami di Thailand," kata Nick mengutip Motorcyclenews.com, Selasa (25/2/2020).

Nick mengatakan, saat sini fasilitas produksi di Thailand baru terpakai dua jalur dari tiga jalur yang ada. Dengan sisa model terakhir dari Inggris maka pabrik di Thailand akan menambah jumlah produksi sebesar 2.000 unit per tahun.

Baca juga: Impor Dibatasi, Pengiriman Triumph Delay Dua Bulan

Paul Stroud, CCO of Triumph, mengatakan, peralihan akan dimulai pada pertengahan 2020 sampai selesai. Dia mengklaim, pemindahan produksi ke Thailand tidak akan berdampak pada ketersediaan unit di Inggris atau negara lain.

"Kami menghadapi peningkatan persaingan. Ada juga pendatang baru yang datang ke pasar dengan poin harga yang jauh lebih rendah dan lebih banyak produsen mengeluarkan model baru lebih banyak dan cepat, sementara konsumen mencari lebih banyak teknologi," katanya.

Triumph mengatakan pemindahan fasilitas produksi ke Thailand akan berdampak pada pekerja di Inggris. Saat ini perusahaan tengah bernegosiasi dengan kurang lebih 50 karyawan untuk membahas masa depan pekerjaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com