Awas Dek Motor Matik Rawan Jadi Sarang Tikus

Kompas.com - 20/02/2020, 17:02 WIB
Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya. Ari PurnomoKondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Serangan hama tikus ternyata tidak hanya terjadi pada area persawahan saja. Tetapi, hewan pengerat itu juga sering kali membuat jengkel pemilik kendaraan.

Baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Jika pada mobil, tikus sering bersarang di ruang mesin hingga ke bagian kabin.

Sedangkan untuk sepeda motor, tikus sering bersarang di dek bagian bawah motor matik atau pijakan kaki pengemudi. Tidak hanya menetap, tetapi tikus sering membawa sampah atau sisa makanan.

Bahkan yang lebih parah, tikus juga akan menggigit kabel-kabel yang ada di bagian dek. Hal ini tentunya cukup membuat jengkel para pemilik motor.

Baca juga: Hati-hati, Ruang Mesin Mobil Bisa Jadi Sarang Tikus

Jika kabel sudah putus, otomatis kendaraan juga tidak akan bisa menyala. Mau tidak mau harus dibawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Tangkapan layar foto bagian dalam mesin matic berisi cabai viral di media sosial pada Sabtu (15/2/2020)Twitter: @rreembulan Tangkapan layar foto bagian dalam mesin matic berisi cabai viral di media sosial pada Sabtu (15/2/2020)

Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor Sragen, Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo menuturkan, kejadian ini memang cukup sering terjadi.

Tidak sedikit pelanggan yang datang dengan keluhan adanya sarang tikus di bagian dek.

Tikus memang menyukai tempat yang hangat dan bagian bawah atau dek ini menjadi tempat yang biasa digunakan tikus,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (20/2/2020).

Joko menambahkan, tikus akan mudah masuk ke ruang dek melalui celah-celah yang ada di depan mesin.

Baca juga: Cara Usir Tikus dari Ruang Mesin Mobil

 

Selain itu, biasanya tikus juga akan memberikan tanda wilayahnya jika tikus sudah pernah mendatangi lokasi tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X