Kenapa Rem Tromol Berdecit seperti "Tikus Kejepit"? - Kompas.com

Kenapa Rem Tromol Berdecit seperti "Tikus Kejepit"?

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 09/01/2018, 12:52 WIB
Rem tromolStanly/Otomania Rem tromol

Jakarta, KompasOtomotif - Berdecit merupakan salah satu persoalan pada motor yang menggunakan rem tromol. Suara seperti "tikus kejepit" muncul dan sangat mengganggu telinga tatkala melakukan pengereman.

Sebenarnya apakah yang menyebabkan munculnya decitan tersebut?

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma mengatakan, decitan itu bisa muncul lantaran di sekitar mekanisme rem, seperti kampas rem, sudah kotor dan terkena air. Sehingga ketika dilakukan pengereman, maka kampas rem yang sudah lekat dengan debu itu bergesekan dengan rumah tromol, lalu menyebabkan bunyi.

Biasanya bunyi tersebut muncul setelah motor dicuci atau usai menerjang genangan air. "Itu karena adanya debu yang menempel pada permukaan kanvas rem. Lalu kanvas rem basah karena air dan dapat menyebabkan bunyi," kata Rendra saat dihubungi, Selasa (9/1/2018).

Baca juga : Pastikan Waktu Ganti Kampas Rem Tromol dengan Indikator

Ilustrasi rem tromol pada sepeda motorWeLoveHonda Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor
Untuk menghilangkan bunyi decitan, maka bagian dalam tromol harus dibersihkan. Caranya dengan menyemprotkan angin berkekuatan tinggi melalui sela-sela tromol.

Namun, cara ini hanyalah sebagai antisipasi sementara. Sebab untuk benar-benar menghilangkan bunyi decitan, maka harus dilakukan pembersihan pada bagian dalam tromol. Misalnya, bagian kampas rem dibersihkan dengan cara di amplas perlahan-lahan dan merata.

"Tapi kalau kampasnya sudah tipis, harus ganti baru," kata Rendra.

Baca juga : Kekurangan Rem Tromol Dibanding Cakram

 

PenulisFachri Fachrudin
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM