Ganti Ban Honda BeAT Pakai Ring 12, Tidak Bisa Asal Pasang

Kompas.com - 20/02/2020, 11:42 WIB
Honda BeAT menggunakan ban ring 12 Kompas.com/DonnyHonda BeAT menggunakan ban ring 12

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan ban ring 14 sudah umum di skutik yang dipasarkan di Indonesia. Sebagian bahkan mungkin sudah bosan dan ingin mencoba penampilan yang baru.

Hal tersebut juga dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan mengganti ban milik Scoopy dari ring 14 menjadi ring 12. Ban ring 14 ini juga bisa digunakan untuk skutik entry level Honda lainnya, seperti BeAT atau BeAT Street.

Baca juga: Ragam Aksesori RCB untuk Honda BeAT 2020

Rully Manarullah, modifikator dari R Autoworks di bilangan Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, ada beberapa bagian yang perlu disesuaikan. Tidak bisa langsung pasang saja.

Honda BeAT menggunakan ban ring 12Kompas.com/Donny Honda BeAT menggunakan ban ring 12

"Untuk ban depan perlu ubah bushing, kanan dan kirinya. Kalau untuk ban belakang, perlu mengganjal ring dalam, kurang lebih sekitar 3 mm, agar tetap center," ujar Rully, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Honda BeAT menggunakan ban ring 12Kompas.com/Donny Honda BeAT menggunakan ban ring 12

Rully menambahkan, kalau tidak diakali seperti itu, harus ganti segitiganya, untuk yang ban depan. Harus ganti segitiganya dengan kepunyaan Scoopy yang baru, yang pakai ring 12.

"Dia ukuran segitiganya memang lebih lebar. Jika tidak diganjal bushing, jaraknya sangat mepet sekali," kata Rully.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X