Alasan Honda Hapus Dua Varian Civic Hatchback dengan Versi RS

Kompas.com - 20/02/2020, 08:22 WIB
Honda Civic Hatchback RS HPMHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi merilis Civic Hatchback RS di Indonesia, awal Februari 2020. Mobil bergenre sport ini, diklaim langsung mendapat sambutan positif setelah meluncur.

Seperti diketahui, kemunculan Civic Hatchback RS tak hanya menyajikan tampilan mobil yang lebih agresif, tapi juga sekaligus melengserkan dua varian yang sebelumnya dijual, yakni E dan S.

Artinya, saat ini hanya ada Civic Hatchback RS yang dipasarkan dengan banderol Rp 499 juta. Lalu apa alasan Honda memangkas varian E dan S dari keluarga Civic Hatchback.

Baca juga: Daftar Harga Honda Civic Estilo Seken, Tembus Rp 250 Jutaan

Menjelaskan soal ini, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM Yusak Billy, mengatakan, keputusan ini dilakukan tak lepas dari hasil survei yang mengenai karakteristik konsumennya di segmen hatchback.

Honda Civic Hatchback RSHPM Honda Civic Hatchback RS

"Jadi hatchback Honda itu kan ada dua, Jazz dan Civic. Secara penjualan Jazz itu komposisinya 97 persen yang tipe RS, ada tendensi hatchback itu ke arah sporty, jadi kedua model Civic sebelumnya, kita combine jadikan satu ke RS," kata Billy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Billy menjelaskan, secara profil, konsumen Civic Hatchback lebih ke mereka yang memang menyukai mobil dengan karakter sporty yang kuat, dinamis, dan mengerti mana brand yang bagus.

Honda Civic Hatchback RS saat dijajal media, Rabu (19/2/2020)Kompas.com / Stanly Honda Civic Hatchback RS saat dijajal media, Rabu (19/2/2020)

Dengan latar belakang itu, akhirnya Honda melekatkan status RS pada Civic Hatchback. Ubahan pada sektor eksterior juga tidak hanya melalui penyematan aero kit, tapi dengan beberapa sentuhan baru lainnya yang mendongkrak kesan agersifnya.

"RS itu memiliki arti Road Sailing yang masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari tapi looks-nya sporty," ujar Billy.

Sejak meluncur pada 6 Februari, Honda sudah mengantongi 92 unit pemesanan Civic Hatchback RS. Mayoritas konsumennya masih didominasi dari kawasan Jabodetabek.

Baca juga: Reaksi Honda Setelah SUV Murah Suzuki XL7 Meluncur

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Billy mengatakan, angka tersebut menjadi sinyal positif lantaran target penjualannya dalam satu bulan sebesar 150 unit. Angka ini lebih tinggi 20 unit dari kedua versi Civic Hatchback sebelumnya.

"Satu bulan kita targetkan 150 unit, sampai akhir tahun nanti kita harapkan bisa diangka 1.800 unit untuk Civic Hatchback RS ini saja," kata Billy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X