[POPULER OTOMOTIF] Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM | Dorna Tolak Kawasaki Masuk MotoGP

Kompas.com - 19/02/2020, 06:02 WIB
Sejumlah anggota masyarakat sedang membuat surat izin mengemudi (SIM) secara online di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Kedung Halang Polresta Bogor Kota, Selasa (16/1/2018). (KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH)Sejumlah anggota masyarakat sedang membuat surat izin mengemudi (SIM) secara online di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Kedung Halang Polresta Bogor Kota, Selasa (16/1/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi seputar surat izin mengemudi ( SIM) masih menjadi minat pembaca. Terutama soal biaya resmi dan tambahan ketika hendak membuat atau memperpanjang masa berlaku SIM.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal Kawasaki yang ditolak Dorna untuk masuk menjadi tim inti di balapan bergengsi tingkat dunia, MotoGP.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 18 Februari 2020:

Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

1. Selain Harga Resmi, Ini Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM

Terhitung mulai 22 September 2019, Surat Izin Mengemudi ( SIM) kini menggunakan SIM Pintar alias Smart SIM. Cara membuatnya tidak berbeda dari SIM biasa yang saat ini masih berlaku.

Bedanya keunggulan SIM jenis baru ini bisa menyimpan data forensik hingga menjadi uang elektronik.

Untuk tarif masih sama seperti pembuatan SIM terdahulu. Tidak ada perubahan biaya sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selain biaya pokok pembuatan dan perpanjang SIM, pemohon SIM juga akan dikenai beberapa biaya lain, yaitu pemeriksaan kesehatan dan asuransi kesehatan.

Kawasaki Ninja ZX-RR di MotoGPWikipedia Kawasaki Ninja ZX-RR di MotoGP

2. Dorna Tolak Kawasaki Masuk MotoGP

Musim ini, ada 22 pebalap dari 11 tim yang bersaing di MotoGP. Di antara 11 tim tersebut, terdapat enam pabrikan, antara lain Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, KTM, dan Aprilia.
Kawasaki pernah ikut berkompetisi di ajang ini selama tujuh musim sejak 2002, tapi keluar di akhir tahun 2008.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X