Mau Pelihara RX-King Cobra, Harga Suku Cadangnya Makin Mahal

Kompas.com - 13/02/2020, 17:42 WIB
Yamaha RX-King Foto: Yusuf ArifYamaha RX-King
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik motor tua mesti sabar jika ingin mencari suku cadang asli. Karena setiap hari suku cadang motor tua makin langka, dan biasanya harganya pun tidak murah.

Tak terkecuali untuk suku cadang Yamaha RX King tahun tua atau generasi pertama yang sering disebut RX-King Cobra. Harga ''perintilannya'' cukup mahal kalau ingin menerapkan barang orisinil.

Baca juga: Ragam Keluarga Yamaha RX-Series di Indonesia, Saudara Kandung RX-King

Yusuf Arief, pemilik RX King Cobra mengatakan, beberapa suku cadang memang cukup mahal terutama body set. Seperti kulit sarung jok kondisi baru atau new old stok/NOS dan spatbor depan.

RX King edisi khusus dibanderol Rp 50 jutaKompas.com/Setyo Adi RX King edisi khusus dibanderol Rp 50 juta

"Kulit sarung jok itu baru, sekarang mencapai Rp 2,7 juta, untuk Cobra itu yang dicari yang ada lis merahnya. Terus spatbor bibir merah, barunya sudah susah, sekennya bisa RP 1,7 juta tergantung kondisi," kata Yusuf kepada Kompas.com, Kamis (13/2/2020).

Adapun bagian lain yang cukup mahal ialah saklar kiri untuk klakson dan sein. Harga barunya kini mencapai Rp 750.000. Meski hal itu balik lagi permainan antara konsumen dan penjual.

"Dua bulan lalu lah saya beli masih Rp 350.000 sekarang sudah Rp 750.000. Body set juga mahal, seperti tangki ori bukan sparepart Yamaha, yang asli Cobra seken kondisi bagus Rp 1,5 juta paling murah," katanya.

Baca juga: Yamaha RX-King Ini Dibanderol Rp 100 Juta, Apa Istimewanya?

Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Yamaha RX King. RX King merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.

Sebetulnya ada spareparst original RX-King yang masih cukup terjangkau, yakni suku cadang buatan Yamaha Indonesia.

Tapi konsep originalnya berbeda, karena biasanya buat seluruh varian RX-King.

Yusuf memberi contoh, seperti misalkan sarung jok motor spareparts original Yamaha, tetap original karena buatan Yamaha, tapi khusus untuk RX-King Cobra tahun tua berbeda karena tidak punya lis merah. 

"Konsep originalnya beda. Karena ada spareparts yang memang dibuat Yamaha untuk RX-King, itu juga original. Tapi kalau yang saya sebut ini parts yang memang dipakai di motornya," kata Yusuf.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X