Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Pelihara RX-King Cobra, Harga Suku Cadangnya Makin Mahal

Tak terkecuali untuk suku cadang Yamaha RX King tahun tua atau generasi pertama yang sering disebut RX-King Cobra. Harga ''perintilannya'' cukup mahal kalau ingin menerapkan barang orisinil.

Yusuf Arief, pemilik RX King Cobra mengatakan, beberapa suku cadang memang cukup mahal terutama body set. Seperti kulit sarung jok kondisi baru atau new old stok/NOS dan spatbor depan.

"Kulit sarung jok itu baru, sekarang mencapai Rp 2,7 juta, untuk Cobra itu yang dicari yang ada lis merahnya. Terus spatbor bibir merah, barunya sudah susah, sekennya bisa RP 1,7 juta tergantung kondisi," kata Yusuf kepada Kompas.com, Kamis (13/2/2020).

Adapun bagian lain yang cukup mahal ialah saklar kiri untuk klakson dan sein. Harga barunya kini mencapai Rp 750.000. Meski hal itu balik lagi permainan antara konsumen dan penjual.

"Dua bulan lalu lah saya beli masih Rp 350.000 sekarang sudah Rp 750.000. Body set juga mahal, seperti tangki ori bukan sparepart Yamaha, yang asli Cobra seken kondisi bagus Rp 1,5 juta paling murah," katanya.

Sebetulnya ada spareparst original RX-King yang masih cukup terjangkau, yakni suku cadang buatan Yamaha Indonesia.

Tapi konsep originalnya berbeda, karena biasanya buat seluruh varian RX-King.

Yusuf memberi contoh, seperti misalkan sarung jok motor spareparts original Yamaha, tetap original karena buatan Yamaha, tapi khusus untuk RX-King Cobra tahun tua berbeda karena tidak punya lis merah. 

"Konsep originalnya beda. Karena ada spareparts yang memang dibuat Yamaha untuk RX-King, itu juga original. Tapi kalau yang saya sebut ini parts yang memang dipakai di motornya," kata Yusuf.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/13/174200015/mau-pelihara-rx-king-cobra-harga-suku-cadangnya-makin-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke