Daihatsu Ayla Turbo, Mobil Murah yang Punya 200 Tenaga Kuda

Kompas.com - 13/02/2020, 17:38 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Indonesia dikabarkan sedang membuat kejutan untuk penggunaan mesin 1.000 cc turbo di Tanah Air.

Pasalnya, riset sementara dari tim research and development (RnD) untuk mesin tersebut berbuah positif.

"Kami memang masih melakukan uji jalan menggunakan Daihatsu Thor, tapi tidak berencana untuk mengeluarkan model ini di Indonesia. Ini untuk studi tentang mesin 1.0 liter turbo," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, belum lama ini.

"Sementara (hasilnya), kami yakin bahwa mesin Daihatsu yang 1.0 turbo cocok untuk konsumen," ujarnya.

Namun, Amelia masih enggan untuk menyebutkan rencana lebih jauh dari penggunaan mesin tersebut. Apakah bakal dibenamkan pada model yang sudah dipasarkan lebih dulu, atau model baru.

Baca juga: Daihatsu Siapkan Kejutan dengan Mobil 1,0 L Turbo

Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya

Meski demikian, bila melihat riwayatnya, PT ADM telah memperkenalkan satu produk dengan penambahan turbo, yaitu Daihatsu Ayla Turbo. Mobil kali pertama dipamerkan di ajang GIIAS Surabaya 2018.

Design Engineering Executive Coordinator RnD PT ADM Soni Satriya menjelaskan bahwa perbedaan utama Ayla turbo dibanding yang standar terletak pada komponen turbo yang terpasang di mesin.

Dalam keadaan standar pabrikan, Ayla dibekali mesin 3NR-VE DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm.

Ilustrasi mesin turbowww.stevemorrisengines.com Ilustrasi mesin turbo

Sementara Ayla Turbo, berdasarkan hasil tes internal, tenaga mesin mengalami peningkatan sangat signifikan hingga 200 tk dengan torsi 242 Nm.

Daya tersebut mampu mengantarkan mobil melesat dari titik diam ke 100 kpj hanya dalam waktu 9.04 detik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.